83 Siswa Lulus dan Dilantik menjadi Patroli Keamanan Sekolah (PKS)

0
517

Sebanyak 83 Siswa pelajar setingkat SLTP dan SLTA dari sejumlah sekolah di Kecamatan Maos, resmi dilantik Kapolsek Maos AKP Kiswoyo SIP,  sebagai anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS). Pelantikan ini dilakukan pada upacara penutupan Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) tingkat SLTP dan SLTA di Halaman Sekolah SMP Negeri 2 Maos Rabu (12/10/16) Hadir dalam pelantikan ini, Unsur Muspika Kecamatan Maos, UPT Diknas serta perwakilan dari sekolah masing masing.

Kapolsek Maos dalam sambutanya  mengatakan, bahwa pembentukan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) merupakan salah satu upaya pembinaan kamtibmas di lingkungan sekolah melalui pendayagunaan potensi masyarakat belajar dan pembinaan generasi muda,  ditunjukkan dengan penyaluran bakat di bidang keamanan.

Maksud dari kegiatan ini adalah untuk lebih meningkatkan peran serta pelajar dalam mewujudkan kamtibcar lalulintas di jalan sehingga para siswa dapat memanfaatkan dan mengisi waktu luang dengan hal positif serta bahaya, penyalah gunaan Narkoba, baris berbaris dan penanganan pertama di tempat kejadian kecelakaan serta mendidik secara dini untuk bertanggung jawab dan sadar hukum.

Sebelumnya ungkap AKP Kiswoyo sapaan akrab Kapolsek Maos , pelatihan dimulai dari tanggal 03 Oktober  hingga 8 Oktober 2016 dari pukul 14.00–16.30 Wib. Peserta pelatihan adalah siswa/siswi tingkat SLTP dan SLTA di wilayah Kecamatan Maos dengan jumlah sebanyak 83 Siswa  terdiri dari SMPN 1 Maos  14 Siswa, SMPN 2 Maos 16 Siswa, SMPN 3 Maos 12 Siswa, SMP PGRI Maos 5 Siswa, SMP Muhamadiyah Maos Lor 4Siswa, Mts Persiapan Negeri 4 Siswa dan untuk setingkat SLTA, SMA Negeri Maos 17 Siswa  sedangkan SMK Budi Utomo 14 Siswa.

AKP Kiswoyo menghrapkan  kedepannya agar terus terjalin kemitraan antara Polri dan masyarakat serta sekolah agar tercipta jalinan yang baik dan siswa-siswi yang telah mendapatkan pelatihan akan ditugaskan disekolah masing-masing sehingga sedikit banyak dapat membantu dari kerja Polri dan terciptanya masyarakat yang tertib berlalu lintas, karena mereka akan menjadi pelopor keselamatan lalu lintas di sekolah mereka (g/050904).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here