935 Pejabat Cilacap, Di Lantik Plt Bupati Akmad Edi Susanto.

0
395

Cilacapnews.com – Sebanyak 935 pejabat di jajaran Pemkab Cilacap, untuk Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) 2017 resmi dilantik oleh Wakil Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto. Acara Pengambilan Sumpah Jabatan, Janji Jabatan dan Pengukuhan/Pelantikan Pejabat Pimpinan Pratama Administrator dan Pengawas di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Cilacap bertempat di Pendopo Wijaya Sakti Kabupaten Cilacap. Rabu (4 Januari 2017).
Pelantikan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut diberlakukannya UU Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah, Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah dan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016 Tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap.
Dari 935 pejabat, 32 orang diantaranya merupakan eselon II, 178 orang pejabat eselon III, dan 725 orang pejabat eselon IV.
Dalam sekapursirihnya, Wakil Bupati Cilacap, Akhmad Edi Susanto mengatakan, dengan diberlakukannya Perda Nomor 9 Tahun 2016, SOTK Perangkat Daerah Kabupaten Cilacap mengalami perubahan, baik berupa pemekaran maupun penggabungan.
“Hal ini tentunya harus diikuti dengan penataan personil yang sesuai, untuk mengisi jabatan yang baru. Kondisi tersebut menuntut para pejabat terlantik untuk meningkatkan koordinasi serta sinergitas, agar setiap tugas terselesaikan dengan baik,” tuturnya.
Lebih jauh, Edi menjelaskan, pelantikan hari ini diharapkan dapat menambah ritme dan kinerja Pemerintah Kabupaten Cilacap, yang saat ini sedang berada dalam proses akselerasi mencapai sasaran-sasaran dan target kerja yang ditetapkan untuk mewujudkan Cilacap yang sejahtera secara merata.
“Dengan pelantikan ini, akan terjadi proses yang semakin akseleratif, berkualitas dan akuntabel sehingga kita dapat mewujudkan harapan masyarakat yakni terciptanya kehidupan sosial, politik,ekonomi, budaya dan lingkungan Kabupaten Cilacap yang lebih baik, maju dan sejahtera,” katanya.
Harapan ini, lanjut Edi, bisa terwujud jika kita sebagai aparatur pemerintah,abdi negara dan abdi masyarakat yang telah didudukan dalam struktur pemerintah dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi dengan sebaik baiknya.
“Hal tersebut akan terwujud jika terdapat sinergitas diantara berbagai unit kerja antar instansi, antar tingkat pemerintah dan antar stakeholders pembangunan di Cilacap. Untuk itu dibutuhkan kemampuan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi yang prima,” tegasnya.
Edi menghimbau, pejabat terlantik dalam menjalankan tugas harus benar benar mempunyai niat yang tulus untuk meningkatkan kompetensi yang dimiliki baik kompetensi teknis, manajemen maupun kompetensi sosial. Kompetensi teknis yaitu kemampuan dalam penguasaan tugas pokok dan fungsi berdasarkan kaidah kaidah yang berlaku dan termasuk didalamnya kaidah keilmuan yang dapat dipertanggungjawabkan.
“Kompetensi manajemen ialah kemampuan pemimpin dalam mengerakan stafnya secara efektif dan efesien untuk mencapai tujuan organisasinya. Dan kompetensi sosial yakni kemampuan pemimpin dalam mengaplikasikan dan menggerakan semua potensi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.
Oleh karena itu, pesan Edi, sebagai pemimpin dituntut untuk mampu mengembangkan pola pikir yang dinamis, kritis, dan inovatif agar dilingkungan kerja yang dipimpin akan timbul kesadaran untuk mengedepankan jiwa korsa dan etos kerja yang tinggi.
“Ciptakan situasi yang kondusif dalam suasana iklim yang sejuk sehingga setiap tugas yang menjadi wewenang dan tanggungjawabnya dapat dilaksanakan dengan baik,” tuturnya.
Edi juga menuturkan, tingkatkan kepekaan dengan senantiasa mengedepankan sikap arif dan bijaksana yang berpihak pada pemberdayaan masyarakat dan bermuara pada terwujudnya pelayanan prima dalam menyikapi perkembangan dan perubahan aspirasi masyarakat yang sangat cepat saat ini.
“Segera lakukan penyesuaian diri dengan tugas dan lingkungan kerja yang baru. Kenali dan pahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsi. Kenali pula seluruh SDM yang ada karena itu akan mendukung suksesnya tugas saudara, Selamat bekerja,” ungkapnya. (nani/dodo/050904).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here