Acara Ritual Memetri Bumi Desa Dondong di Makam Gunung Kemit Kesugihan

0
704

CILACAP (cilacapnews.com) – Warga Desa Dondong menggelar ritual memetri bumi di punden Sokandana yang terletak di makam gunung kemit kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap. Jumat Wage (21/08/2020).

Acara gelar ritual ini dihadiri oleh Kepala Desa Dondong, serta ratusan warga masyarakat sekitar Dusun Kemit dan Dusun Mujil. Ditengah pandemi covid-19 tapi acara ini berlangsung sederhana dan khidmat dengan melakukan doa bersama untuk para leluhur yang telah babat alas pada dahulu kala.

Terlihat para warga masing-masing membawa makanan berupa tumpeng yang berisikan ingkung, sayur mayur diantaranya kacang panjang, kol, kangkung hijau, tempe, aneka buah-buahan, dan aneka jajanan pasar yang kemudian di makan bersama-sama.

Menurut Kepala Desa Dondong, Suratman menuturkan bahwa, ritual memetri bumi ini dalam rangka menyambut bulan sura yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh warga masyarakat di sekitar makam gunung kemit.

“Sebagai wujud ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas segala limpahan rahmat yang telah diberikan dengan tujuan nguri-nguri atau melestarikan adat dan budaya jawa,” jelasnya.

Lebih lanjut, acara ritual memetri bumi ini dilaksanakan di makam gunung kemit dan sudah menjadi tradisi turun temurun warga masyarakat sekitar untuk memperingati wafatnya para leluhur yang sudah ratusan tahun antara lain yakni, mbah Sokandana, mbah sanaris, mbah Kalimudin dan mbah Sambarudin.

“Ritual memetri bumi ini agar terus dilaksanakan dan dilestarikan dengan baik guna meningkatkan rasa solidaritas.”harapnya

Sementara, putra salah satu leluhur mbah Sanaris yang akrab disapa mbah Paino warga RT 05 RW 05 Dusun Kemit mengaku ritual ini selalu dilaksanakan di makam gunung kemit.

“Punden Sokandana ini merupakan trah paling tua sehingga ritual memetri bumi disini dilaksanakan dan diperingati setiap tahunnya,” pungkasnya.(cn/hd/02).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here