Anggota TNI Bersama Warga Perbaiki Tanggul Jebol Akibat Luapan Sungai Ciberuem

0
583

Cilacapnews.com –  Anggota Koramil 12/Kedungreja bersama masyarakat, Rabu (05/12/2018) melakukan kegiatan karya bakti memperbaiki tanggul yang jebol akibat meluapnya sungai Ciberuem.

Jebolnya tanggul mengakibatkan banjir di dua dusun yakni Dusun Karang Tengah RT 02 RW 03 Desa Reja Mulya dan Dusun Cipriyuk RT 03 RW 04 Desa Bangunreja, Kecamatan Kesungreja, Cilacap.

Kejadian berawal dari tingginya curah hujan yang mengguyur wilayah Kedungreja pada Rabu dini hari sekitar pukul 00.30 WIB yang mengakibatkan Sungai Ciberem meluap, sehingga tanggul jebol dan membanjiri dua dusun yang letaknya berada di sepanjang pinggir tanggul.

Tidak korban jiwa dalam banjir tersebut, namun mengakibatkan sawah dan lahan benih padi terendam air, sehingga para petani harus menyemai kembali benih padinya.

Danramil 12/Kedungreja, Kapten CBa M. Issa. Saefudin mengatakan, bahwa pihaknya telah memerintahkan Babinsa untuk segera berkoordinasi dengan BNPB Sidareja, dan dua Kepala Desa serta warga masyarakat untuk segera mengatasi tanggul yang jebol agar air tidak terlalu banyak masuk, sehingga akan mengurangi meluasnya lahan yang terkena banjir.

“Dalam hitungan menit koordinasi yang dilakukan Babinsa membuahkan hasil. Dari kesepakatan semua pihak, untuk segera dilakukan perbaikan tanggul yang jebol,” katanya.

Untuk meninggikan tanggul, menurutnya ada karung bantuan dari BNPB Sidareja yang diisi tanah dan memperbaiki kedudukan pintu ketempat semula.

Dengan kebersamaan dan kegotongroyongan semua pihak baik dari Koramil 12/Kedungreja, BNPB maupun warga masyarakat, akhirnya tanggul Sungai Ciberem yang jebol kini mulai tertutup dengan karung yang berisikan tanah.

Keinginan warga agar banjir yang menimpa dusun mereka cepat surut, membuat mereka semangat dalam bekerja. Mereka bahu membahu dengan anggota TNI dalam membuat tanggul, sehingga saat itu juga pembuatan tanggul selesai.

“Kita dari Koramil 12/Kedungreja hanya sekedar membantu, namun kepedulian dan kerjasama semua pihak lah yang membuat pembuatan tanggul ini cepat selesai, semoga hal ini dapat mengurangi air yang masuk ke beberapa dusun di sekitar tanggul,” ungkap Peltu Tusino

Sementara itu, Kepala Desa Bangunreja, Sugiyono mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama anggota TNI dari Koramil 12/Kedungreja yang cepat bertindak dan men-suport warga, sehingga pembuatan tanggul cepat selesai.

“Peran bapak-bapak TNI sangat besar terhadap penyelesaian tanggul ini untuk itu kami mewakili warga mengucapkan banyak terima kasih. Kita berharap semoga tanggul yang dibangun bermanfaat dan tahan lama,” pungkasnya. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here