BANSOS JPS APBD KABUPATEN CILACAP TAHUN 2021 TIDAK BERLANJUT

0
246

CILACAP (cilacapnews.com) – Bantuan Sosial (Bansos) Jaring Pengaman Sosial (JPS) Bantuan Langsung Tunai dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk tahun 2021 di Kabupaten Cilacap tidak berlanjut.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cilacap, Taryo melalui Kepala Bidang Pemberdayaan sosial dan penanganan fakir miskin, Sudir saat ditemui, Selasa (09/03/2021) pagi.

Sudir menjelaskan, Bansos JPS APBD tahun ini memang tidak dilanjutkan dikarenakan Pemkab belum menganggarkan dalam APBD Kabupaten Cilacap tahun 2021 dan pihaknya menilai keterbatasan anggaran.

“Kami tidak dapat memastikan akan adanya kembali bantuan ini, tergantung kebijakan dari Pemkab Cilacap,” tandas Kabid Dayasos dan PFM, Sudir.

Sebelumnya, Pemkab Cilacap telah mengeluarkan anggaran sebesar Rp 87 miliar untuk bansos JPS di tahun 2020 dengan jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 59.620.

Bantuan tersebut berupa uang dengan nominal Rp 200 ribu setiap bulan yang diberikan langsung kepada KPM di masing-masing Desa/Kelurahan.

Lebih lanjut, adanya bantuan tersebut diberikan dengan tujuan untuk meringankan beban masyarakat, khususnya di wilayah Kabupaten Cilacap yang terdampak pandemi Covid-19.

Kendati demikian, bantuan lain yang bersumber dari Pemerintah Pusat melalui Kementrian Sosial (Kemensos) sepertiPKH, BPNTdan BST tetap berjalan.

“Selama ini bantuan telah kami salurkan sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada serta diharapkan berjalan dengan lancar. Kamipun meminta peran serta dari seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengawal sehingga tidak ada lagi timbul permasalahan di lapangan. (cn/gal/08).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here