BPJS Ketenagakerjaan Grebeg Sosialisasi di Pasar Saliwangi

0
524

Cilacapnews – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Cilacap kembali menggelar Grebek Pasar yang berlokasi di Pasar Saliwangi Kab.Cilacap,Jumat (26/8/2016)
Kegiatan ini merupakan lanjutan dari sosialisasi program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang yang sebelumnya dilakukan di Pasar Sidodadi Cilacap,Jumat ( 5/8/2016).
Kegiatan yang mengusung tema “Sosialisasi & Edukasi Pasar Rakyat”, menargetkan kepesertaan bagi pekerjaan bukan penerima upah, yakni  pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan.
Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Cilacap Alpian mengatakan, sosialisasi langsung ke pasar merupakan langkah konkrit pihaknya untuk merangkul kepesertaan pekerja informal.
Dengan program Grebek Pasar pihak BPJS Ketenagakerjaan akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi agar masyarakat,pekerja,khususnya pedagang pasar menyadari pentingnya  perlindungan jaminan sosial bagi pekerja serta manfaat yang diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan.
” Masih banyak masyarakat pekerja Informal yang belum tahu tentang program BPJS Ketenagakerjaan. Dengan diselenggarakannya grebek pasar di harapkan mampu memberikan gambaran informasi dan pengetahuan tentang Program dan Manfaat BPJS Ketenagakerjaan, ” Ungkap Alpian.
Saat ini bukan hanya pekerja sektor formal saja yang bisa ikut sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, namun pekerja sektor informal  juga bisa menjadi peserta. Seperti  : Nelayan, Petani, pedagang, pegawai toko, pemilik toko, pekerja buruh pasar, pembantu RT, ojek, Sopir, pemilik usaha UMKM, dan pekerja informal lainnya, ” lanjutnya.
Pendaftaran mudah dg mengisi form dan Copy KTP hanya membayar  total Rp16.800/bulan untuk mendapatkan Program Jaminan Kematian (JK) Rp. 6.800,- Manfaat yg diterima Rp. 24.000.000 dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Rp. 10.000,- Manfaat yg diterima pengobatan sampai sembuh dan 48x upah yang dilaporkan apabila sampai meninggal dunia. Jika terjadi resiko maka langsung mendapatkan perlindungan dari BPJS Ketenagakerjaan.
Menurut data dari Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DINSOSNAKERTRANS ) di Cilacap ada kurang lebih 60.000 pekerja bukan penerima upah yang ada di Cilacap. Besar Harapan kami semua pekerja sektor Informal yg ada di wilayah kab Cilacap terlindunggi Program BPJS ketenagakerjaan
” Tentunya kita dari pihak BPJS Ketenagakerjaan berkoordinasi dengan Dinsosnakertrans, BPMPT dan Disperindakop serta dinas terkait agar membantu kami dalam mensosialisasikan program dari BPJS Ketenagakerjaan, ” katanya.
Dengan adanya sosialisasi ini, diharapkan semua pedagang dan pekerja informal mengerti dan ikut menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, ” tandas Alpian. (Nani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here