BPJS Ketenagakerjaan Resmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Di Desa Layansari,Cilacap.

0
709
CILACAPNEWS, Cilacap –  Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap memandatangani MoU sekaligus meresmikan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kecamatan Gandrungmangu, Desa Layansari, Kabupaten Cilacap.
“Pembentukan Desa Sadar BPJS Ketenagakerjaan ini akan dapat menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan bagi masyarakat pekerja Penerima Upah (formal) maupun Bukan Penerima Upah (informal) di desa Layansari,” kata Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Cilacap, Muslih Hikmat, di Layansari, Sabtu. 21 Oktober 2017
Muslih mengatakan, pembentukan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan tersebut bertujuan mengedukasi agar masyarakat mengenal lebih dekat dengan program BPJS Ketenagakerjaan yang dimiliki.
Menurutnya program BPJS Ketenagakerjaan ini dilakukan untuk memberikan perlindungan kepada seluruh aparatur dan masyarakat Desa Layansari dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang dilaksanakan di desa tersebut akan menjadikan percontohan bagi Desa-desa yang berada di Kabupaten Cilacap.
“Desa Layansari adalah salah satu desa yang pertama (baru) pelaksanaannya dari 6 Desa yang akan di jadikan sebagai percontohan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Kabupaten Cilacap,” ujarnya.
Ia menerangkan, dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, banyak manfaat yang akan diterima oleh Tenaga Kerja disamping melindungi diri sendiri dan keluarga dari risiko yang akan terjadi.
“Penetapan Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan MISI dan Komitmen BPJS Ketenagakerjaan, yakni melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarganya dan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja serta mendukung pembangunan dan kemandirian perekonomian nasional,” terangnya.
Hadir dalam acara tersebut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Muslih Hikmat, Sekcam Bantarsari Husin, Kepala desa Layansari  Ikhsanudin.
Dalam kegiatan Desa sadar BPJS Ketenagakerjaan juga dilaksanakan penandatanganan komitmen bersama antara pihak BPJS Ketenagakerjaan dengan Kepala Desa Layansari dan disaksikan seluruh warga desa yang hadir dan diakhiri dengan pengguntingan pita peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.
Kepala desa Layansari menuturkan begitu mengenal program BPJS Ketenagakerjaan warga kami langsunge merespon dan tertarik dan kami dari pemerintah desa melakukan sosialisasi pengenalan BPJS Ketenagakerjaan kepada warga.Salah satu yang menjadi antusiasme masyarakat karena di Desa Layansari banyak sekali pekerja kasar dan ada beberapa pekerja penderes yang mengalami kecelakaan jatuh dari pohon pada waktu menderes dan tidak ada yang mengurusi.
” Harapan kami dengan adanya keikutsertaan dalam Program BPJS Ketenagakerjaan akan selalu berjalan dengan baik dan warga kami akan terjamin apabila ada kecelakaan dan apabila ada warga kami yang meninggal dunia , ” pungkas Ikhsanudin.
Disamping Peresmian Desa Sadar Jaminan Sosial, BPJS Ketenagakerjaan juga melakukan acara gerak jalan sehat, Peresmian Gapura, PAUD, serta Rumah Pompa Air untuk membantu Pengairan Sawah yang merupakan mayoritas Pekerja Petani.
Pada acara tersebut, BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Cilacap juga menyerahkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja dan Jaminan Hari Tua kepada ahli waris a.n Djoni Karsono Suwondo yang merupakan karyawan PT. Truba jaya Engineering  sebesar Rp. 108.677.176 rupiah. Yang bersangkutan meninggal dunia dikarenakan kecelakaan lalulintas pada saat berangkat bekerja, Semoga dana yang disalurkan kepada ahli waris dapat bermanfaat , ” tandas Muslih .( nani ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here