Diamankan, Pencuri Motor Di Acara Penilaian Lomba Siskamling

0
941

Cilacapnews.com Cilacap – Guna untuk meningkatkan peran serta warga masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban yang ada dilingkungan masing masing Polsek Maos Polres Cilacap , Senin (18/) melakukan penilaian pelaksanaan lomba Siskamling tingkat Kecamatan Maos dimana untuk desa Maos lor  diwakili oleh Pos Kamling Rt 02 Rw 01 Dusun Buaran.

Pos kamling merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan peran serta dan partisipasi Masyarakat secara swakarsa untuk peduli terhadap keamanan dan ketertiban di lingkungan pemukiman tempat tinggal masing masing dengan melibatkan seluruh potensi yang ada pada lingkungannya masing masing.

Pada pelaksanaan lomba diadakan simulasi atau peragaan penangan pencurian motor di wilayah dusun Buaran yang berahir dengan diamankannya pencuri motor oleh petugas ronda dan selanjutnya menghubungi Bhabinkamtibmas serta babinsa untuk selanjutnya dibawa  ke kantor polisi untuk penyelidikan lebih lanjut. Peragaan ini merupakan pembelajaran bagi  warga agar tidak main hakim sendiri.

Hadir dalam penilaian lomba siskamling Forkompincam Maos, perangkat desa Maos lor dan warga masyarakat dusun buaran.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, S.IK, MH melalui Kapolsek Maos AKP Sugeng Hartono, A.Md mengengkapkan bahwa tujuan dari Lomba siskamlin ini adalah untuk menggugah kembali kesadaran akan pentingnya Kamtibmas itu adalah tanggung jawab bersama.

Kadus Buaran Trimanto,S.Pd.I mewakili Pemerintah desa Maos lor dan warga Dusun Buaran khususnya menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu terlaksananya kegiatan ini terutama kepada Bhabinkamtibmas dan Babinsa Maos Lor Bripka Second Is ujiandoko dan Sertu Tofik yang mendampingi warga dusun Buaran selama kegiatan lomba berlangsung.

Oleh karena itu pada dasarnya keamanan dan ketertiban masyarakat adalah merupakan tanggung jawab dari semua pihak, dengan meningkatkan siskamling diharapkan dapat mendeteksi sejak dini segala permasalahan yang terkait dengan kamtibmas serta untuk mencegah dan menangkal terjadinya suatu tindak kejahatan.

“Lomba Siskamling bukan semata mata untuk mencari pemenang atau juara, tetapi bagaikana caranya untuk menumbuh kembangkan kesadaran warga masyarakat dalam menjaga lingkunganya dengan cara bersiskamling, yang dilaksanakan oleh warga sekitar secara bergantian,” Ujar Bhabinkamtibmas Bripka Second IU.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas mengatakan bahwasannya pada  penilaian poskamling tim penilai melakukan pengecekan terhadap perlengkapan beserta administrasinya,  personil yang melaksanakan ronda termasuk fungsi dan tugasnya, pengecekan cara membunyikan kentongan.(TIM).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here