FKD ( Forum Kesehatan Desa ) Desa Karangreja Terbentuk.

0
11003

Cilacapnews.com. Cilacap -.  Paragdigma sehat suatu pola pikir yang memandang kesehatan sebagai kebutuhan dan nilai yang sangat penting, menjadi dasar setiap langkah atau tindak individu, keluarga, dan masyarakat untuk upaya meningkatkan kesehatanya, serta mendorong kesadaran dalam mengatasi masalah kesehatan merupakan tanggung jawab bersama.

Berbagai upaya dalam mengatasi masalah kesehatan selama ini, masih bertumpu pada upaya  pemerintah, walaupun telah di kembangkan Upaya kesehatan Bersumber daya Masyarakat (UKBM), tetapi masyarakat belum optimal berperan, berbagai kegiatan masyarakat tersebut belum terkordinasi dengan baik.

Untuk itu UPT Pus Kes Mas Maos membuat terobosan untuk penguatan desa siaga dengan membentuk FKD ( Forum Kesehatan Desa ) di desa Karangreja Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tenbgah, beberapa hari lalu, yang juga dihadiri unsur Babin Kamtibmas serta Babinsa desa Karangreja.

Diharapkan dengan terbentuknya desa siaga, Karangreja akan terbebas dari hal hal yang bisa mengakibatkan gangguan kesehatan, dalam hal ini FKD didorong sebagai motor penggerak mensosialisasikan bagaimana Bahaya Rokok, Gizi Buruk, Angka Kematian Ibu, DBD, serta AIDS/HIV, demikian diungkapkan Ka TU PKM Maos Up Deni SKM M.Kes.

Disisi lain Forum Kesehatan Desa / Kelurahan merupakan wadah partisipasi bagi masyarakat dalam mengembangkan pembangunan kesehatan ditingkat desa atau kelurahan untuk merencanakan, menetapkan, koordinasi dan penggerak kegiatan, serta monitoring evaluasi pembangunan kesehatan di desa. pungkas Armisa Amd.Keb. SKM.

Sementara ini hasil analisis di desa Karangreja 50 persen usia produktif laki laki sebagai perokok aktif, sedangkan untuk kepersetaan JKN masih rendah juga tentang Sanitasi dan KB belum maksimal, untuk itu peran FKD ( Forum Kesehatan Desa ) sangat dibutuhkan agar kesehatan masyarakat bisa terpantau dengan baik. (Gees).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here