Gandeng Empat Komunitas, BPCB Banten Gelar Pameran

0
277

BANTEN (cilacapnews.com) – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Banten menggelar pameran yang dilaksanakan di halaman Museum Situs Kepurbakalaan Banten lama.Kegiatan pameran tersebut selama 2 hari, dari Jumat dan Sabtu (18-19 Desember 2020.

Kepala Unit Dokumentasi dan Publikasi BPCB Banten Swedhi Hanata dan Kepala Unit Fajar Satya Burnama.

Swedhi Hanata selaku penanggung jawab kegiatan tersebut, pameran BPCB Banten menggandeng empat (4) Komunitas yaitu kremov picture yang bergerak dalam pembuatan film layar lebar dan film documenter.

Selain itu, adanya pameran gerabah dari Kampung bumi jaya, desa Bumi Jaya, Kecamatan Ciruas, sebagai salah satu penghasil gerabah, batik banten yang memperkenalkan batik khas banten yang di adopsi dari motif gerabah peninggalan Kesultanan Banten.

Yang terakhir adalah taman bacaan masyarakat (TBM) agar masyarakat mendukung gerakan gemar membaca. Juga yang di pamerkan di stand BPCB Banten antara lain, tentang tanaman lada, ada keterangan tentang lada sebelum Kesultanan Banten, sedangkan sesudah Kesultanan Banten, lada dalam naskah.

Dalam keutamaan lada, di gunung Pulosari, teluk lada, prasasti munjul artefaknya yang di pamerkan. Sedangkan prasasti Dalung di tulis dalam Aksara arab pegon mengunakan bahasa jawa dialek Banten yang isinya berupa peraturan perundangan yang dibuat oleh Sultan Banten untuk wilayah Lampung dan sekitarnya.

Prasasti ini, hannya di ketahui satu bagian dan kemungkinan terdapat beberapa lempeng lainnya.Pertanggal prasasti ini tahun 1102 H (kurang lebih 1690 M) di akhir prasasti, tapi tidak menulis sultan yang menerbitkan peraturan tersebut.(cn/din/06)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here