Gemblung Puluhan Tahun, Sugeng Sekarang Sehat dan Hidup Normal Menjadi Pemulung

0
550

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – Gangguan jiwa berat artinya penderita mengalami gangguan dalam fungsi sosial dengan orang lain, serta dalam hal fungsi kerja sehingga tidak produktif. Gangguan jiwa berat, biasanya juga diikuti gejala dengan efek kuat misalnya delusi, halusinasi, ketakutan berat, karena saat mengalami halusinasi maka dia bisa bicara sendiri, teriak, menangis atau bahkan mengamuk.

Seperti yang dialami Sugeng Rianto, warga Desa Rejasari RT 03/06 kecamatan Purwokerto Barat kabupaten Banyumas.

Menurut Sugeng, bahwa awal mulanya karena kedua orang tuanya meninggal dunia, sehingga dia merasa kehilangan. Rasa itu terus menghantui pikirannya sampai dia stres dan hidup dijalanan.

“Kurang lebih 10-15 tahunan tidak pernah mandi hidup dijalanan dan orang bilang “Gemblung” dikarenakan rambut yang panjang gimbal dan suka berbicara keras, berteriak teriak dijalan dan gangguin para pengguna jalan.”kata sugeng.

Lebih lanjut, bahwa dirinya ada yang mengganggu dan ingin masuk kedalam tubuhnya. Diapun tahu sosok jin apa yang akan masuk ke dalam tubuh dirnya.

“Saat saya lagi berteriak teriak dijalan, tiba tiba saya dihampiri sama seseorang, dan terus saya dikasih rokok, disuruh potong rambut, disuruh mandi dan diajak untuk berobat dengan secara dirukiyah. Dan alhamdulilah sekarang saya sudah sehat dan bisa beraktifitas menjadi pemulung.”imbuh sugeng.

Sementara itu, Herdi Wiyana selaku jiwa sosial yang tinggi menyampaikan bahwa, ini hanya sosial saja, tujuannya untuk membantu orang orang yang hidup dijalanan yang tidak normal karena gangguan jiwa.

“Untuk memenuhi kebutuhan seperti, kelengkapan mandi, makan, dari dana pribadi kami. Dan untuk tempat tinggal kami pulangkan kerumahnya.”Jelasnya.

Lebih lanjut, orang orang yang hidup dijalanan tidak normal akibat gangguan jiwa kami tampung untuk diobati sampai sembuh dengan cara dirukiyah.

“Dan untuk sementara ini, para penderita gangguan jiwa yang kami tampung berasal dari tiga daerah, seperti Purwokerto, Yogyakarta dan Gunung Kidul. Apabila ada yang membutuhkan bantuan terkait ini silahkan hubungi saya di nomor 082133786151.”pungkasnya.(cn/hd/02)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here