H.Sugeng,SH.,MSI Ditunjuk Sebagai Ketua Umum Lembaga Advokasi Nusantara (LAN)

0
534

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – Sekitar dua pekan sudah ketua umum Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Pusat melakukan lawatannya. Usut punya usut ternyata ini bukan kali pertama ia keluar kota-kota besar di seluruh Indonesia. Sebagai advokat beken dirinya sudah sering berkeliling nusantara. Hanya, kali ini ada kekhususan dari rangkaian perjalanannya itu. Tepat pada Selasa (30/3) sore sang ketua umum tiba di kantor pusat LBH-PK, Kranji, Purwokerto.

Sejumlah anggota dewan pendiri, pengurus teras dan staf menyambut kepulangan ketua umum dengan penuh suka cita. Mereka adalah Sekretaris Jenderal Diah Ariwati,SH, Kadiv Organisasi, SDM dan Program Bantuan Hukum Hartomo,SH.,MH, Faiq El-Himma,SH, Kadiv IT Dwiyan Adistira, S.Kom, serta Kiki staf sekjen. Menurut Kadiv IT rencananya ketua umum akan langsung memimpin rapat terbatas internal (Ratas). “Nanti sore langsung ratas, mas,” kata Iyan yang juga sebagai staf khusus ketua umum pada awak media cilacapnews.com.

Sementara itu saat memimpin ratas, ketua umum LBH-PK Pusat menyampaikan berbagai point progres lawatannya. Sebagaimana di informasikan media cilacapnews.com beberapa waktu lalu, di Jakarta, Sugeng bersilaturahmi dengan advokat beken Dr. Hj. Elza Syarief, SH., MH dan Dekan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Wagiman,S.Fil.,SH.,MH.

Lalu setelahnya Sugeng terbang ke Denpasar, Bali untuk mengikuti Digital Business Forum dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) selama tiga hari. Di forum ratas LBH-PK Pusat, Sugeng mengungkap detail isi dan materi pembicaraan dirinya bersama Elza Syarief juga Wagiman. “Kami tawarkan posisi anggota Dewan Penasehat LBH-PK Pusat kepada Dr. Hj. Elza Syarief,SH.,MH,” ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa beliau Ibu Elza berkenan untuk duduk di posisi tersebut bahkan menyambut baik program-program LBH-PK Pusat. Selanjutnya Sugeng juga menyampaikan detail materi pertemuan dengan Dekan FH UNTAG 45 Jakarta di saksikan Ka.Prodi SI FH UNTAG 45 Jakarta yang juga Kadiv Litigasi LBH-PK Pusat Dr. Kurniawan Triwibowo,SH.,MH.,CPL.

“Kolaborasi dan sinergi LBH-PK Pusat bersama Dr. Hj. Elza Syarief,SH.,MH dan Dekan FH UNTAG 45 Jakarta Wagiman,S.Fil.,SH.,MH itu MoU terkait Kampus Merdeka Belajar (KMB) juga rencana pembentukan Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Paralegal di Jakarta,”. Bahkan, menurut Sugeng, Pak Dekan Wagiman akan membentuk korwil LBH-PK Jawa Barat.

Berkaitan Mukernas HPN Denpasar, Bali, Sugeng yang duduk di jajaran Ketua DPP HPN bidang advokasi hukum, bisnis dan kebijakan pemerintah itu mengatakan sesuai mandat organisasi kepada dirinya. Pertama, Sugeng mendapat wilayah binaan Jawa, Bali, Papua dan Papu Barat. Kedua, di Jawa Tengah sudah berdiri 23 kepengurusan tingkat kabupaten/kota (DPC HPN). Ketiga, ditargetkan untuk Jateng ada seratus ribu UMKM dan seluruh UMKM binaan HPN harus Go Digital semuanya. Keempat, mandat terkait berdirinya Lembaga Advokasi Nusantara (LAN) dimana ia di tunjuk sebagai ketua umum LAN.

Deklarasi LAN direncanakan bertempat di PW HPN DKI Jakarta. “Itulah hasil yang bisa disampaikan pada forum ratas kali ini, untuk maju kita harus bersinergi, berkolaborasi bersama komponan bangsa lainnya,” pungkas ketua umum Forum Nasional Bantuan Hukum (Fornas-Bankum) Indonesia saat mengakhiri ratas. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here