H.Sugeng,SH,MSI Ketua Umum FORNAS-BANKUM Memimpin Rapat Konsolidasi Nasional Virtual di Jakarta

0
285

JAKARTA (cilacapnews.com) – KEADILAN dan kedamaian dalam masyarakat hanya bisa dicapai apabila tatanan hukum telah benar-benar terbukti mendatangkan keadilan dan dapat berfungsi efektif. Hal ini disampaikan ketua umum Forum Nasional Bantuan Hukum (FORNAS-BANKUM) H. Sugeng, SH., MSI dalam sambutannya saat memimpin Rapat Konsolidasi Nasional Virtual pada Sabtu (28/11) malam.

Sugeng melangsungkan rapat konsolidasi nasional secara virtul dari kantor LBH-PK Korwil DKI Jakarta di Cempaka Putih. Hadir dalam acara virtual tersebut pimpinan OBH (Organisasi Bantuan Hukum) perwakilan DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Bekasi.

Rapat mengagendakan pokok pembahasan legalitas FORNAS-BANKUM (Akta Notaris, AD/ART), penguatan struktur organisasi termasuk mengisi pos dewan penasehat serta rencana pelantikan dan deklarasi nasional FORNAS-BANKUM di Jakarta.

“Jadi FORNAS-BANKUM ini merupakan tempat berhimpunnya para pimpinan (Ketua Umum/Direktur) Organisasi Bantuan Hukum (OBH) se-Indonesia,” kata Sugeng yang merupakan ketua umum LBH-PK Pusat dengan kantor pusat di Purwokerto.

Lebih lanjut Sugeng menambahkan bahwa Organisasi Bantuan Hukum (OBH) adalah pelaksana dari UU RI No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Didalamnya adalah Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan advokat serta paralegalnya. Dalam UU RI No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum. Bantuan hukum merupakan sebuah jasa hukum yang diberikan oleh pemberi bantuan hukum secara cuma-cuma kepada penerima bantuan hukum yang menghadapi masalah hukum. Lalu diatur juga dalam PP Nomor 42 Tahun 2013 Tentang Syarat dan Tata Cara pemberian bantuan hukum dan penyaluran dana bantuan hukum.

“Lahirnya FORNAS-BANKUM menandai dimulainya era baru dalam penegakkan hukum dimana hukum adalah panglima, hukum tidak bisa diinterfensi oleh siapapun dengan kepentingan apapun sehingga kedaulatan hukum bisa tercapai, keadilan dan kebenaran bisa ditegakkan,” ungkap Sugeng dengan senyum khasnya. [cn/tro/05].

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here