Hari Libur Nasional 9 Desember, Bertepatan Dengan Pilkada Serentak 2020

0
512

JAKARTA (cilacapnews.com) – Pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional. Pada tanggal, bulan dan tahun tersebut bertepatan dengan hari dilangsungkannya pemungutan suara untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020. Penetapan 9 Desember 2020 sebagai hari libur nasional berdasar pada Keputusan Presiden (Keppres) No.22 Tahun 2020 di tandatangani Presiden Joko Widodo dan ditetapkan pada 27 November 2020.

Berkaitan hal tersebut, seiring masa tenang Pilkada Serentak 2020 nantinya, Ketua Umum Lembaga Bantuan Hukum “Perisai Kebenaran” menghimbau semua pihak menciptakan situasi tetap kondusif. “Semua pihak perlu menciptakan situasi tetap kondusif agar hajat akbar pilkada serentak 2020 berjalan dengan aman, tertib tanpa ada gejolak berarti, ” kata Sugeng saat dihubungi via telp pribadinya di Kantor LBH-PK Korwil DKI Jakarta, Cempaka Putih usai menggelar Rapat Konsolidasi Internal Forum Nasional Pemberi Bantuan Hukum (FORNAS-PERBANKUM) beberapa waktu lalu.

Sebagaimana diketahui bahwa pelaksanaan pilkada serentak 2020 berada di masa pandemi Covid19 sehingga semua pihak diharapkan menerapkan prokes dengan ketat. Berkaitan hak konstitusional memilih dan dipilih dirinya mengajak bagi warga masyarakat di daerah yang berhajat pilkada serentak 2020 diharap jangan golput.

Menurutnya kebiasaan memilih ada tiga tingkatan; Pertama, Memilih karena tidak tahu isinya dan mengutamakan bungkusnya. Kedua, Memilih karena tahu isinya, dan Ketiga, Memilih karena tidak penting isinya. “Pemilih harus cerdas, bertanggungjawab atas pilihannya. Ada pendekatan “Ruhaniyah”, bertanya dalam atau kepada hati nurani “Istafti qolbak”. Pendekatan “Aqliyah”, mengedepankan akal pikiran “Afala tatafakkarun”,” tegas Sugeng advokat senior, kondang asal Purbalingga tersebut.

Politik menurut Sugeng tidak hanya mengejar duniawi semata. “Politik jangan ‘toriqil munjil dunnya’ hanya mengejar kebahagiaan dunia, tapi harus diarahkan berpolitik itu selamat, bahagia dunia akherat,” ungkapnya.(cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here