HATI-HATI PENIPUAN BERKEDOK WHATSAPP KEMBALI BEREDAR

    0
    147

    “Pengguna smartphone agar hati-hati dan jangan terpancing untuk meng-klik pesan yang dikirim melalui SMS.”

    CILACAPNEWS.com – Di bulan Ramadhan ataupun menjelang Lebaran, bukannya makin adem dari kejahatan, namun justru kondisi malah sebaliknya. Entah itu di online maupun offline, kejahatan semakin marak.

    Para penipu tak pernah kehabisan cara menjerat korbannya, termasuk melalui pesan penipuan yang dikirim dengan SMS. Salah satu bentuk penipuan SMS yaitu mengatasnamakan aplikasi populer, WhatsApp.

    Sebagai tindakan pencegahan, jika kamu menerima pesan tersebut maka sebaiknya jangan meng-klik tautan yang dicantumkan. Ada kemungkinan tautan akan menjebak seperti kasus phishing yang banyak terjadi.

    Apa itu phishing?

    Kalau kamu mendapat kiriman pesan yang berisi Link yang mengatasnamakan sebuah institusi, bisa jadi anda sedang menjadi korban pelaku phishing.

    Phishing suatu metode peretasan yang dilakukan dengan cara mengelabuhi target dengan menyediakan halaman palsu yang seolah-olah berasal dari perusahaan terkenal.

    Bagi kamu yang pernah mendapat surel berisi ajakan untuk mengakses link tertentu dengan iming-iming hadiah, maka anda perlu berhati-hati.

    Ketika kamu mengakses link yang tersedia, maka kamu bisa saja mengisi berbagai data pribadi. Dan data itu dapat digunakan oleh para peretas untuk mengambil alih akun kamu dan bisa juga digunakan untuk melakukan praktik penipuan.

    Sayangnya, korban penipuan itu bisa berpikir bahwa kamu yang melakukannya karena peretas bisa saja berpura-pura menjadi diri kamu setelah berhasil mengambil alih akun media sosial kamu. (cn/hd/02).

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here