Hoby Koleksi dan Sekaligus Peternak Ayam Bangkok Asal Cilacap

0
599

CILACAP (cilacapnews.com) – Berbicara tentang ayam bangkok di tanah air tidak bisa lepas dari para penghobi untuk menternak ayam bangkok. Hal tersebut memang tidak lepas dari perjalanan sejarah ayam bangkok itu sendiri.

Gear Sdm, salah satu pehobi dan sekaligus rajin mengoleksi ayam bangkok yang berkualitas berdomisili di Kecamatan Jeruk Legi kabupaten Cilacap.

Tidak sekadar mengoleksi, Gear Sdm juga mulai menernakkan ayam-ayam bangkok berkualitas dan hasilnya sampai sekarang masih bisa dinikmati dari menternak ayam bangkok tersebut.

Menurut Gear, bahwa hoby mengoleksi yakni usaha memelihara ayam bangkok sudah menjadi usaha sampingan penting. Karena di setiap desa rata-rata memiliki penghobi yang bisa memelihara ayam bangkok.

“Perawatan ayam-ayam bangkok yang harganya mulai Rp 300.000 -Rp 2 juta. Pakannya berupa campuran voer, serbuk ikan dan vitamin. Pakan tersebut diberikan dua sekali dalam sehari, yakni pagi dan sore. Dengan begitu tenaga dan stamina ayam selalu prima.”ungkapnya.

Lebih lanjut, adapun jenis ayam bangkok, Ayam bangkok Masil, Samo, Pakwai, dan Birma Klasik. Sedangkan Ayam jenis bangkok Birkok adalah ayam untuk pacek/pejantan dengan harga kisaran Rp.2 – 4 jutaan. Maraknya ayam bangkok atau usaha peternakan mencari ayam bangkok berkualitas.

“Ayam bangkok kategori baik rata-rata laku dijual Rp 300.000 dan ayam bangkok istimewa bisa mencapai Rp 2- 3 jutaan. Dan untuk ayam bangkok jenis Samo dan Masil untuk Bos-bos besar bisa mencapai harga kisaran 10 jutaan.”pungkasnya.(cn/hd/02).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here