Jelang Bulan Puasa, Warga Desa Bukateja Kerja Bakti Membersihkan Area Pemakaman

0
229

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – Gotong royong dan musyawarah adalah akar budaya bangsa. Warisan para leluhur, pendiri serta kasepuhan bangsa. Dua hal ini melekat erat sebagai identitas hidup masyarakat di pedesaan. Seperti terlihat pada Minggu (14/3/2021) warga RT. 01/07 Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga melakukan kerja bakti di area pemakaman desa tersebut.

Sejak pukul 06.30 WIB satu persatu warga berkumpul di gardu keamanan RT setempat, ada yang membawa cangkul, arit, sapu dan lain sebaigainya termasuk nyamikan gula, kopi. Setelah warga kumpul semua lalu berangkat bersama-sama ke area pemakaman desa. Dengan sigap, riang gembira semua bekerja membersihkan pemakaman, rumput, sampah dedaunan di bersihkan.

Kayim Masduki sebagai sesepuh desa mengatakan kegiatan resik-resik pemakaman sudah di rutinkan, dilaksanakan secara kelompok per-RT. “Niki sampun rutin di laksanakan jelang bulan puasa,” katanya.

Sementara sekretaris RT 01/07 Rubiyanto mengatakan kerja bakti ini merupakan hasil musyawarah RT pada tanggal (9/3) di mana RT. 01/07 mendapat jatah kebersihan area pemakaman desa bagian timur. Usai di bersihkan, pemakaman desa terlihat bersih.

Terpisah ketua RT. 01/07 Khalik menyampaikan saat ini wilayahnya mengalami perkembangan cukup pesat. Kesadaran warga dan pemuda di wilayahnya mulai bangkit. Berbagai sarana prasarana seperti penerangan jalan RT sudah berhasil dilaksanakan. “Semua berkat guyup rukun dan kesadaran warga,” ungkapnya pada wartawan. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here