Jelang Pilkada Jateng Tahun 2018, TNI-POLRI Latihan Sispamkota.

0
619

Cilacapnews.com.Cilacap –  Bertempat di Alun-alun Kabupaten Cilacap Jln. Jend. Sudirman Cilacap, Kamis (08/02). Personel gabungan TNI-Polri Kabupaten Cilacap menggelar latihan Simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sipamkota) dalam rangka pengamanan pelaksanaan Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018.

Kegiatan itu diikuti personel TNI dari Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, Anggota Polri dari Polres Cilacap dan Subden 3 dan 4 Satuan Brimob Polda Jateng serta Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap. Kegiatan ini disaksikan oleh seluruh perwira dari jajaran Polres Cilacap serta Pasiops Kodim 0703/Cilacap.

Menurut Kabagops Polres Cilacap Kompol Agus Sulistiyanto,S.H, S.I.K selaku pengambil apel, Simulasi Sispam Kota ini bertujuan agar personel yang terlibat baik dari TNI maupun Polri dapat memahami tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing satuan sehingga pada saat pelaksanaan nantinya mereka sudah mengetahui tugas mereka masing-masing.

” Pada pelaksanaan gladi kemarin, masih banyak perubahan atau latihan lagi dan hari ini akan dilaksanakan gladi kotor dan gladi bersih sehingga pada saat pelaksanaan atau hari H pada hari Selasa besok, bisa lebih baik lagi,” kata Kompol Agus Sulistiyanto

Ia mengharapkan agar pelaksanaan gladi hari ini dilaksanakan dengan serius seolah-olah gladi hari ini adalah pelaksanaan pada hari H karena hasil gladi bersih ini akan langsung dilaporkan ke Kapolres Cilacap dan selanjutnya akan dilaporkan ke Wakapolda Jawa Tengah.” terang Kabagops Polres Cilacap Kompol Agus Sulistiyanto,S.H,S.I.K

Apa yang disampaikan Kabagops Polres Cilacap, dengan cepat dapat di mengerti oleh seluruh peserta apel. Hal ini terlihat pada saat pelaksanaan gladi kotor maupun gladi bersih yang dilaksanakan pada hari ini di Alun-alun Kabupaten Cilacap.

Dalam latihan tersebut terlihat satu kompi pengendalian massa (Dalmas) Sabhara dengan pakaian lengkap rompi PHH siap mengantisipasi huru-hara dengan bantuan satu Pleton gabungan dari TNI-Polri dan Satpol PP serta pasukan berkuda dan mobil water canon. Mereka mengatasi para demonstran yang bertindak anarkis melalui beberapa tahap. Selain itu, berbagai peragaan Sispamkota kali ini juga dilakukan.

Sementara itu menurut Pasiops Kodim 0703/Cilacap Lettu CBA M. Issa Saefudin yang turut menyaksikan kegiatan gladi tersebut mengatakan, latihan ini sangat baik dilaksanakan guna untuk mengantisipasi apabila terjadi kericuhan didalam pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Tengah tahun 2018 mendatang.

” Kegiatan Simulasi Sispam Kota ini dilaksanakan dengan tujuan agar personel gabungan TNI-Polri Kabupaten Cilacap, nantinya dapat mengerti betul tugas pokok dan fungsi serta peran masing-masing.” pungkasnya. [ Tim ]

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here