Jelang Pilpres-Pileg, TNI-Polri Gelar Simulasi Sispamkota

0
309

Cilacapnews.com – Menjelang perhelatan Pilpres dan Pileg 2019, Sabtu (01/12/2018) personel gabungan dari TNI, Polri, dan Satpol PP, menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) di Alun-alun Cilacap.

Sekitar 900 orang dari 1 peleton gabungan POM AD dan POMAL, 1 kompi anggota Batalyon 405, 3 kompi anggota Kodim 0703/Cilacap, 1 peleton anggota Lanal Cilacap, 2 peleton gabungan perwira Kodim 0703/Cilacap, Lanal Cilacap, dan Polres Cilacap, 4 kompi anggota gabungan Polres Cilacap, serta 1 peleton anggota Satpol PP Kabupaten Cilacap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Cilacap Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo, Danyon 405/Korem 071 Wijayakusuma Letkol Inf Candra SE MIPol, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto SIK MH, Dandim 0703/Cilacap Letkol Inf Wahyo Yuniartoto SE MTr (Han), dan Kasubden IV Den B Brimob Banyumas Iptu Made Suweca.

Dalam sambutannya, Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto mengatakan alhamdulillah hari ini bisa berkumpul dan bersilahturrahmi dalam rangka apel gabungan kesiapsiagaan harkamtibmas, khususnya di Kabupaten Cilacap.

Ada beberapa agenda yang harus disiapkan ke depan, menurut Kapolres diantaranya kesiapan personel maupun sarpras TNI Polri dan Satpol PP, kesiapsiagaan harus maksimal.

Kapolres juga berterimakasih kepada seluruh anggota TNI, Polri yang telah melaksanakan pengamanan Pilkades serentak tahap pertama di 48 desa berjalan aman dan kondusif. “Semua atas sinergitas TNI Polri dan masyarakat,” tegasnya.

Agenda berikutnya adalah TNI Polri dan Pemkab Cilacap harus bisa menjamin keamanan masyarakat di Kabupaten Cilacap, ke depan juga akan ada kegiatan Operasi Lilin yang melibatkan semua unsur dalam rangka menghadapi Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2019, bulan Februari 2019 juga akan melaksanakan Pilkades serentak tahap kedua dan dilanjutkan bulan April akan dilaksanakan Pilpres dan Pileg.

“Untuk itu, kesiapan fisik dan sarpras, TNI, Polri, dan Pemkab Cilacap menyepakati untuk melaksanakan simulasi Sispamkota, dengan tujuan minimal tiap-tiap personel tahug apa tugas dan tanggung jawabnya,” imbuh Djoko.

Usai apel, dilanjutkan inspeksi sarana dan prasarana kendaraan dan alat utama oleh Danlanal Cilacap, Kapolres Cilacap, Dandim 0703/Cilacap, dan Danyon 405/Wijayakusuma.

Sementara itu, simulasi yang dipraktikkan adalah pengamanan TPS yang diikuti personel Lanal Cilacap, Kodim 0703/Cilacap, Polres Cilacap, dan Satpol PP, pengamanan VVIP yang diikuti personel Polres Cilacap dan Brimob, serta latihan PHH oleh Polres Cilacap. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here