Kakanwil BPN Provinsi Banten Melantik dan Mengangkat Sumpah Jabatan 22 Surveyor Berlisensi

0
41

Serang, cilacapnews.com – Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) memiliki mitra kerja antara lain Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT), Surveyor Berlisensi (SB), dan Penilai Tanah. Masing-masing mitra kerja memiliki peranan yang sangat penting dalam membantu mewujudkan visi Kementerian ATR/BPN menjadi institusi maju dan berstandar dunia.

Tentunya belum semua masyarakat mengetahui apa itu SB dan apa peran SB.

Diatur dalam Peraturan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 9 Tahun 2021, SB adalah seseorang yang memiliki keahlian dan/atau keterampilan di bidang survei dan pemetaan yang diangkat dan diberhentikan oleh Menteri ATR/Kepala BPN. SB terdiri dari Surveyor Kadastral dan Asisten Surveyor Kadastral.

Sebagai mitra kerja, SB berperan dalam lakukan Survei dan Pemetaan dalam rangka Pendaftaran Tanah untuk pertama kali, pemeliharaan data Pendaftaran Tanah, Pengadaan Tanah, Redistribusi Tanah, Penanganan Sengketa dan kegiatan di bidang pertanahan dan ruang lainnya.

Kegiatan Survei dan Pemetaan sebelumnya hanya dapat dilakukan oleh Petugas Ukur namun dengan keterbatasan petugas ukur, peran SB menjadi solusinya. Seperti di Provinsi Banten yang memiliki hanya 27 orang Petugas Ukur untuk 8 satuan kerja. Jumlah tersebut tentunya tidak dapat mengakomodir seluruh kebutuhan Survei dan Pemetaan kegiatan di bidang pertanahan dan ruang BPN se-Provinsi Banten.

Bertempat di Aula Baduy Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Selasa (31/8/2021) siang, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten Rudi Rubijaya melantik dan mengangkat sumpah jabatan 22 Surveyor Berlisensi wilayah kerja Provinsi Banten. Dalam sambutannya Rudi Rubijaya mengajak SB yang baru saja dilantik memberikan kontribusi terbaik untuk Banten. “Layani masyarakat dengan baik, penuhi kaidah teknis, perhatikan kualitas hasil survei dan pengukuran,” ujarnya.

Rudi Rubijaya juga menyampaikan agar SB yang bertugas untuk melengkapi diri dengan surat tugas serta memegang teguh kode etik. “Saya mengucapkan selamat bagi yang baru saja dilantik. Selamat datang di BPN Banten Jawara Bersahaja, Berwibawa dan Berkinerja,” tutupnya. (Ida, foto: Vian/Apif, cn/ahmad).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here