Kejahatan Online Wajib Diwaspadai?Serangan Phishing Masih Menjadi Aksi Cyber Crime Favorit Hacker

    0
    75

    Cilacapnews.com – Bagi yang sudah terjun di dunia online, tentunya istilah cyber crime sudah tidak asing lagi. Kejahatan dunia maya ini bisa mengincar siapa saja dan dapat terjadi kapan pun. Dan jika kita menjadi korbannya maka kita akan mengalami banyak kerugian.

    Pengertian Cyber Crime adalah tindak kejahatan yang dilakukan secara online. Kejahatan ini tidak mengenal waktu dan tidak pilih pilih target. Jadi, perlu waspada.

    Tujuan cyber crime sendiri beragam. Bisa sekedar iseng, sampai kejahatan serius yang sangat merugikan.

    Para pelaku cyber crime tentu adalah orang yang sudah ahli dalam berbagai teknik hacking. Bahkan, tak jarang sebuah aksi cyber crime dilakukan dari berbagai tempat berbeda di waktu yang bersamaan.

    Perlu kita waspadai apa saja aksi yang biasa dilakukan oleh pelaku cyber crime. Ini dia bentuk aksinya.

    Serangan Malware, adalah aksi cyber crime dengan menggunakan software yang menyusup ke perangkat korban. Aksi ini sering berhasil mencapai tujuan karena korban tidak tahu ada malware menyerang, dan aksi kejahatan bisa dilakukan dengan leluasa.

    Phishing masih menjadi aksi cyber crime favorit hacker. Alasannya, kejahatan online ini terbukti masih efektif, terutama untuk pencurian identitas.

    Spamming adalah aksi cyber crime dengan menyebarkan email spam secara massal. Isi email spam pun beragam, contohnya penawaran produk yang tidak jelas.

    Setiap tindak kejahatan di dunia maya tentu saja mengakibatkan kerugian yang dirasakan oleh korbannya. Salah satu kerugian terbesar cyber crime adalah kehilangan data. Hal ini bisa terjadi baik pada akun pribadi maupun data pribadi pelanggan.

    Demikian sedikit berbagi info dan semoga bermanfaat. Terima kasih.

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here