Kementerian Dalam Negeri Melarang Pilkades Menggunakan Dana APBDes.

0
526

Cilacapnews.com, Cilacap – Sudah hampir dipastikan 48 desa di Kabupaten Cilacap akan menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak pada tahun 2018 mendatang.
Rencananya pelaksanaan Pilkades Serentak ditargetkan pada bulan Desember 2018 usai penyelenggaraan Pemiilihan Gubernur Jawa Tengah dan sebelum pelaksanaan Pemilihan Legslatif Serta Pemilihan Presiden 2019.
Untuk anggaran Pemilihan Kepala Desa, Pemerintah kabupaten Cilacap mengalokasikan anggaran sekitar Rp 50 juta rupiah untuk masing-masing desa penyelenggara.
Meski demikian, ada penyesuaian pengalokasian anggaran penyelenggaraan pilkades di masing-masing desa ini karena harus tetap disesuaikan dengan jumlah pemilih yang terdata.
Hal ini sebagaimana petunjuk Kementerian Dalam Negeri yang melarang penyelenggaraan Pilkades menggunakan dana APBDes. Tegas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Cilacap, Ahmad Arifin
Sementara ini, menurut Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekda Cilacap, Wasi Aryadi memastikan dukungan APBD Cilacap siap untuk membiayai pelaksanaan Pilkades Serentak.
Sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 112 Tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Desa (Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2014 Nomor 2092) diubah sebagai berikut :
Pasal 48 (1) Biaya pemilihan kepala Desa dan tugas panitia pemilihan kabupaten/kota yang pelaksanaannya ditugaskan kepada Desa dibebankan pada APBD. (gisa).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here