Ketua Umum LBH Perisai Kebenaran H.Sugeng,SH.,MSI Berikan Pidato Arahan Dalam Tasyakuran Akreditasi “A”

0
247

PURWOKERTO, cilacapnews.com – Kantor Pusat Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran, Jalan Mas Cilik No.34 Kranji, Purwokerto, menggelar tasyakuran berkaitan diraihnya kembali Akreditasi “A” untuk periode 2022 hingga 2024 dari Menkumham RI, Rabu (12/1/2022), siang, pukul.14.30 hingga selesai.

Hadir dalam acara dewan pendiri sekaligus pengurus pusat lembaga, Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI, Wakil Ketua Umum Slamet Kusnandar,SH, Sekretaris Jenderal Diah Ariwati,SH, Kepala Divisi Organisasi, Sumber Daya Manusia dan Program Bantuan Hukum Hartomo,SH.,MH.

Hadir juga Kepala Divisi Humas sekaligus Ketua LBH-PK Cabang Purwokerto Hangsi Priyanto,SH.,MH, Kadiv Non Litigasi sekaligus Wakil Ketua LBH-PK Cabang Banyumas Teguh Bayu Aji,SH, Kadiv IT sekaligus Staf Khusus Ketua Umum Bidang Bantuan Hukum Dwiyan Adistira,S.Kom beserta Staf Kesekjenan Durrotul Isnaeni Haqi,SH. Turut hadir anggota Dewan Pengawas (Dewas) dr. Loppo Triyanto,SH.

Walimah (Slametan), tasyakuran akreditasi “A” yang mengambil tempat diruang rapat utama kantor pusat tersebut juga mengundang pengurus cabang penyangga seperti LBH-PK Cabang Purwokerto, LBH-PK Cabang Banyumas, LBH-PK Cabang Cilacap dan LBH-PK Cabang Purbalingga.

Hadir Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Cabang Purwokerto, Ketua Cabang Hangsi Priyanto,SH.,MH, Mustiqoh Septiyani,SH dan Desy Fatmasari,SH. Hadir dari Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Cabang Banyumas, Hartomo,SH.,MH Ketua Cabang, Teguh Bayu Aji,SH Wakil Ketua Cabang, Yuli Hermawati,SH, Akhmad Febrian Khoerurizal,SH, Hari Solichin,SH, Rofiqoh,SH, Neni Endah Susanti,SH.

Dan hadir Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Cabang Purbalingga, Nugroho Notonegoro,SH Ketua Cabang, M. Ikhsanul Fuad,SH, Briliyan Wisnu Aji,SH, Sahron,SH, Khusen,SH, Tyas Febrina,SH, Ni’matul Khasanah,SH. Serta hadir dari Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Cabang Cilacap, Wakil Ketua Cabang Ziaul Anam Ihromy,SH.,MH dan Wakil Sekretaris sekaligus Komandan Satuan Tugas Khusus (Dansatgasus) Pos Pelayanan Bantuan Hukum (Posbakum) Iskandar Dzulkarnain,SH.

Ketua Panitia Tasyakuran Akreditasi “A” Periode 2022-2024 Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Hartomo,SH.,MH dalam sambutan laporannya menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran semua komponen lembaga baik dewan pendiri, dewan pengawas, pengurus pusat, pengurus cabang dan staf.

“Terima kasih dan bersyukur atas kehadiran semua komponen lembaga dalam tasyakuran ini” tuturnya.

Sementara itu Ketua Umum Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran H.Sugeng,SH.,MSI dihadapan para pengurus, advokat dan staf yang hadir dalam sambutan pengarahannya menjelaskan untuk akreditasi dan verifikasi pada periode 2022-2024 terdapat 619 Lembaga Bantuan Hukum (LBH), Organisasi Bantuan Hukum (OBH), Pemberi Bantuan Hukum (PBH) seluruh Indonesia.

“Dari jumlah itu hanya ada 14 yang terakreditasi A, 80 akreditasi B, sisanya C,” jelasnya.

Lebih lanjut, Ketua Umum Forum Nasional Bantuan Hukum (Fornas-Bankum) itu mengungkapkan lembaga ini kembali mendapat akreditasi A semata-mata karena ridho, kasih sayang Allah Ta’ala kepada kita semua.

“Kerja keras, dedikasi, semangat dan kekompakan kita itu sudah pasti. Tapi diatas itu semua ada Allah Ta’ala yang maha berkehendak atau mentakdirkan segala-galanya,” tandasnya.

Jadi, menurut Sugeng, hal pertama yang harus disikapi dan dilakukan oleh semua komponen lembaga terkait diraihnya kembali akreditasi A oleh lembaga ini adalah bersyukur dan mengakui kekuasaan Allah Ta’ala.

“Kalau bersyukur akan ditambah nikmatnya tapi kalau kufur nikmat ya akan diadzab oleh Allah Ta’ala,” ucap Sugeng menyitir sebuah ayat dalam Al-Qur’an tentang nikmat.

Bicara hal syukur, masih kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Lembaga Advokasi Bisnis Nusantara (DPP LABNU) wujudnya adalah menjaga amanah dan kepercayaan yang diberikan negara dan konstitusi karena tugas lembaga adalah sebagai pelaksana UU No.16/2011 memberikan bantuan hukum gratis dan cuma-cuma kepada orang miskin.

“Tugas ini amat sangat mulia. Satu sisi adalah pengabdian kepada bangsa dan negara, sisi lainnya adalah membantu orang miskin dalam mencari keadilan,” jelasnya.

Dia juga menjelaskan wujud syukur selanjutnya adalah menceritakan dan menyebut-nyebut nikmat pemberian Allah Ta’ala, kemudian berbagi kepada sesama dan qona’ah atau tawadhu atas semua yang diberikan Allah Ta’ala.

Anggota Dewan Pengawas (Dewas) Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran dr. Loppo Triyanto,SH mengajak semua pengurus, advokat dan staf lembaga untuk bekerja dengan sebaik-baiknya karena kalau sudah bekerja dengan baik maka rizki akan datang.

Sebagai informasi,, walimah atau slametan dan tasyakuran sederhana kali ini, panitia sebagaimana arahan ketua umum, menyediakan empat tumpeng. Satu tumpeng dengan ayam ingkung, tiga tumpeng lainnya dengan ayam goreng, utuh. Disediakan juga aneka jajan pasar. Semua sebagai simbol rasa syukur atas nikmat Allah Ta’ala yang diberikan kepada LBH-PK. Empat tumpeng berjejer saling menempel adalah simbol akreditasi yang ke empat periodenya. Letak tumpeng berjejer dan saling menempel simbol bahwa empat periode berturut-turut meraih akreditasi A.

Tak hanya tasyakuran saja, panitia mengungkapkan ada acara LBH-PK Berbagi dan Peduli dengan berkunjung ke yayasan yatim piatu serta abang becak, juru parkir dan warga di wilayah sekitar kantor pusat di Kranji, Purwokerto. (tro).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here