Kodim Cilacap Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M

0
48

Cilacap, cilacapnews.com – Dalam rangka meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Nabi Muhammad SAW, Kodim 0703 Cilacap menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M, Jumat (29/10), bertempat di Aula Satya Kartika Kodim, Jln. Jenderal Sudirman, No. D-1 Cilacap.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Staf (Kasdim) Mayor Inf Abdul Asis Lallo beserta Perwira Staf, para Danramil jajaran dan perwakilan prajurit Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS AD dilingkungan Kodim 0703 Cilacap.

Dalam sambutan Komandan Kodim 0703 Cilacap yang dibacakan Kasdim Mayor Inf Drs. Abdul Asis Lallo mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini mengangkat tema “Melalui Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1443 H/2021 M, Kita Tingkatkan Keteladanan, dan Etos Kerja Pers TNI AD Guna Mendukung Keberhasilan Tugas Pokok TNI Ditengah Pandemi Covid 19”.

“Melalui momentum peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat merenungkan nilai-nilai luhur dan menghadiran kembali bagaiman keteladanan Rasulullah dalam kehidupan sehari-hari. Sebagai umat muslim yang senantiasa mengharap Ridho Alloh SWTaka kita harus dapat mengamalkan semua ajaran dan tuntutan Rasulullah secara benar,” ucapnya.

Lebih lanjut, ” Mari kita jaga semangat persatuan dan kesatuan serta sikap saling menghormati yang selama ini kita junjung tinggi, dalam peringatan ini kita fokuskan diri untuk kembali meneladani sifat kepemimpinan Rasulullah SAW dalam Akhlakul Karimah yang ada pada diri Nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

Selaku penceramah yaitu Ketua Majelis Khidmah Asmaul Husna Cilacap Kyai Mukhlisudin Afandi menjelaskan Nabi muhammad SAW adalah nabi yang sangat spesial, hal ini sudah dijelaskan dalam Alquran, bahwa Allah SWT bersama malaikat pun bersalawat kepadanya.

“Kita selaku umatnya diperintahkan untuk bersalawat kepada Nabi Muhammad, agar kelak mendapat safaat darinya,” jelasnya.

Kelak di akhirat, para manusia meminta safaat atau pertolongan kepada para nabi. Tapi yang berhak memberikan safaat adalah Nabi Muhammad, maka manusia tersebut memohon safaat kepadanya, tapi safaat itu diberikan kepada umat Nabi Muhammad agar masuk ke dalam syurga. Umat umat manusia Nabi terdahulu tidak akan masuk surga sebelum umat Nabi Muhammad masuk surga lebih dulu.

Dalam detik detik terakhir hidupnya, Nabi Muhammad berpesan kepada umatnya agar menjaga shalat, menjaga keluarganya. Rasulullah bersabda, “Semua umatku masuk surga kecuali yang tidak mau, yaitu siapa yang taat kepadaku, dan yang menolak yaitu orang yang membangkang dariku”.

“Ada tiga hal yang menjadi penyebab manusia mendapat siksa kubur 1. Orang yang hidupnya dicukupi tapi tak pernah mengerjakan shalat, 2. Orang yang diberi kelebihan harta tapi tidak mau zakat, dan ke 3. Orang yang sewaktu hidupnya tidak mau mengikuti ajaran para ulama,” tutup Kyai. (as/oke).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here