Kwarcab Banyumas Giat Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PPBK)

0
72

BANYUMAS, cilacapnews.com – Kwartir Cabang Gerakan Pramuka (Kwarcab) Banyumas kembali menyelenggarakan kegiatan Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus (PPBK), Selasa 18 Agustus 2022 di Kolam Renang dan Outbound Kidung Kampoengku Desa Karangnangka Kecamatan Kedungbanteng. Kegiatan tersebut merupakan Komitmen Kwarcab Banyumas dalam memberikan dukungan kegiatan kepramukaan bagi Gugusdepan berkebutuhan khusus.

Kegiatan yang mengusung tema “Mandiri, peduli, bersaudara dan berprestasi ini dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Irawati. Meski ditengah hujan para peserta tetap mengikuti kegiatan dengan tertib.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pendidikan Irawati mengatakan Gerakan Pramuka bertujuan untuk membentuk setiap pramuka agar memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup.

“Pembinaan terhadap Pramuka Berkebutuhan Khusus perlu mendapatkan perhatian dan ditingkatkan dalam upaya untuk mengembangkan kemandirian, jati diri dan prestasi peserta didik. Untuk itulah Kwarcab Banyumas menyelenggararakan kegiatan ini,” kata Irawati

Sekretaris Bidang Bina Muda Kwarcab Banyumas Sholikah Tutiyaningsih mengatakan Kegiatan Pertemuan Pramuka Berkebutuhan Khusus diikuti 70 anak didik, 17 pendamping putra dan 17 pendamping putri yang berasal dari SLB Kuncup Mas Banyumas, SLB C Yakult Purwokerto, SLB C Yakult Purwokerto dan SLB Aisyiiah Al Walidah Ajibarang. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kemandirian serta menambah persahabatan sebagai perekat persatuan dan kesatuan.

“Pada ini juga diharapkan dapat meningkatkan ketrampilan peserta didik untuk bekal mandiri, menambah pengetahuan, pengalaman dan wawasan peserta didik serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama dan lingkungan,” katanya

Pada kegiatan ini setelah mengikuti upacara pembukaan peserta mengikuti kegiatan traking dan penjelajahan, wide game, arung sungai dan fliying fox.

Naufal Tegar Syafik siswa kelas x SMALB C Yakut Purwokerto mengaku senang bisa mengikuti kegiatan karena bisa bertemu kawan-kawannya dari berbagai sekolah.

“Senang bisa ikut kegiatan ini,” katanya

Senada disampaikan oleh Siswa Siswi dari SLB B Kuncup Mas Banyumas. Ia bersama sama menyampaikan senang bisa ikut kegiatan, ada yang senang karena bisa berenang, jalan jalan disawah dan sebagainya.

(Wid/Humas Pemkab Banyumas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here