LBH-PK Berhasil Menggelar Edukasi Hukum, Berupa Penyuluhan Hukum dan Pemberdayaan Masyarakat Dengan Sukses

0
409

PURBALINGGA – TAK UBAHNYA lembaga parlemen (DPR RI/DPRD Provinsi/DPRD Kabupaten Kota) setiap tahunnya menggelar tiga kali masa persidangan dimana setiap akhir masa sidang diikuti dengan agenda reses. Seperti itulah potret kinerja lembaga bantuan hukum sebagaimana diatur dalam UU No. 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum gratis bagi orang miskin atau kelompok orang miskin. Setiap tahunnya lembaga bantuan hukum mengadakan program edukasi hukum kepada masyarakat kecil.

Kerja atau program lembaga bantuan hukum terbagi menjadi dua yakni program litigasi dan non litigasi. Edukasi hukum berupa penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat masuk dalam kinerja atau program non litigasi. Program ini terjadwal dan terealisasikan di akhir tahun pada setiap tahunnya.

Pada saat penyuluhan hukum atau pemberdayaan masyarakat inilah para advokat di dampingi staf lembaga bantuan hukum tersebut bertemu dan bertatap muka dengan masyarakat secara langsung. Sebagaimana diketahui kalender program penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat tahun 2020 lain dari tahun-tahun sebelumnya.

Di tahun ini semua negara dunia beserta warga bangsanya sedang berjibaku berjuang melawan ganas serta belum redanya wabah, pandemi Covid-19. Hal ini dirasakan betul oleh segenap keluarga besar dari lembaga bantuan hukum “Perisai Kebenaran” dengan korwil dan cabangnya yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan niat tulus, tekad bulat mengemban amanat konstitusi sebagai organisasi bantuan hukum maka Lembaga Bantuan Hukum “Perisai Kebenaran” berhasil menggelar edukasi hukum berupa penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat dengan sukses gemilang.

Road show edukasi hukum LBH-PK tahun 2020 ini dimulai dari Desa Lamuk, lanjut Desa Danasari, lanjut Desa Metenggeng, lalu Desa Wirasaba dan berkahir di Desa Kedunglegok. Semua desa yang menjadi objek edukasi hukum LBH-PK locus kabupatennya ada di Kabupaten Purbalingga. Pelaksanaannya tetap dengan Protap Kesehatan Covid-19 dari pemerintah. Hal ini di sampaikan ketua umum LBH-PK Pusat H. Sugeng, SH., MSI melalui Kadiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH saat memberikan sambutan dalam acara pemberdayaan masyarakat di Desa Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga pada Rabu (4/11) malam.

“Salam dari ketua umum LBH-PK Pusat Bapak H.Sugeng,SH.,MSI untuk bapak, ibu warga semuanya. Ini acara non litigasi terakhir di tahun 2020. Ada litigasi, ada non litigasi. Alhamdulillah malam ini semua selesai,” kata Kadiv Humas LBH-PK Hangsi Priyanto,SH.,MH mewakili ketua umum H.Sugeng,SH., MSI.

Ditambahkan bahwa ada penyuluhan hukum dan ada pemberdayaan masyarakat. “Nahh acara malam ini di rumah Bapak Kades Kedunglegok, Kecamatan Kemangkon, Kabupaten Purbalingga ini adalah “Pemberdayaan Masyarakat” temanya “Pelatihan Tentang Pembuatan Laporan Korban Tindak Pidana Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) UU RI No. 23 Tahun 2004″, nanti Bapak dan Ibu semua dilatih teknis membuat laporannya,” imbuh Hangsi.

Sementara itu Sudarno Kepala Desa Kedunglegok dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada tim LBH-PK. “Malam ini saya gembira sekali dan senang akan adanya acara dari LBH-PK. Ini acara sangat perdana, special karena di Desa Kedunglegok ini acara bertema seperti ini baru pertama di adakan, dan desa kami ini pun baru kali ini di datangi tim dari LBH-PK. Makanya acaranya ditempatkan dirumah saya karena saya gembira, senang dan balai desa lagi dipugar,” katanya.

Kades Kedunglegok Sudarno menambahkan dalam acara ini hadir perangkat desa yakni Sekdes, Kaur, Kadus, Danru Hansip, perwakilan pemuda, pemuka agama dan para ketua RT se-Desa Kedunglegok. Paparan terkait materi UU No. 23 Tahun 2004 Tentang PKDRT disampaikan dan diampu oleh Kadiv Litigasi LBH-PK Dr.(C).Kurniawan Triwibowo,SH.,MH., CPL. Usai pemaparan dilanjutkan dengan teknis pembuatan laporan PKDRT yang dipandu oleh Dr.Kurniawan dan dibantu oleh Kadiv IT Dwiyan Adistira,S.Kom juga Hangsi Priyanto,SH., MH. Tiba sesi tanyajawab dan dialog langsung dengan materi bebas memunculkan empat orang penanya. Warmanto Danru Hansip, Ahmad Kusrianto, Samid dan sesi tanyajawab ditutup dengan pertanyaan dari Kades Sudarno.

Diakhir acara Kades Sudarno dan Kadiv Humas LBH-PK Hangsi Priyanto,SH.,MH masing-masing menyampaikan closing statemen sebagi kata akhir, kesan dan pesannya. Rangkaian acara ditutup dengan bermunajat doa bersama oleh pemangku agama desa setempat. Dan diakhiri sesi foto bersama sebagai kenang-kenangan dan dokumentasi. Acara berlangsung dengan aman, tertib, lancar, semarak, penuh kegembiraan walaupun sempat di temani derai air hujan. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here