LBH-PK Menggelar Acara Penyuluhan Hukum di Sekretariat Pemuda Lamuk Bersatu (PLB) Purbalingga

0
227

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – MIRASANTIKA ! No Way !. Pasti kita semua sudah tidak asing dengan penggalan lirik lagu diatas kan? Yapz lagu yang ngehitz, sarat makna dan dinyanyikan oleh Sang Raja Dhangdut H. Roma Irama.

Berbicara “mirasantika” baru-baru ini Lembaga Bantuan Hukum “Perisai Kebenaran” menggelar acara penyuluhan hukum yang bertempat di kantor sekretariat Pemuda Lamuk Bersatu (PLB) tepatnya di wilayah RT. 07 RW. 04 Desa Lamuk, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga, Jumat (23/10) malam.

Edukasi hukum bertema Undang-Undang No. 35 Tahun 2009 Tentang Narkotika tersebut di hadiri kawula muda Desa Lamuk seperti Karang Taruna, hadir juga ketua BPD dan kades Wiwit Efendi.

Sesuai grand thema pembahasan tentang UU Narkotika maka peserta memang difokuskan generasi muda di desa tersebut. “Kami berterima kasih pada para penyuluh hukum dari LBH-PK. Ini kegiatan yang sangat positif dan harus di lanjutkan kedepannya,” pinta kades Lamuk tersebut.

Dalam sambutannya ketua umum LBH-PK Pusat H.Sugeng, SH.,MH menyampaikan program dan kegiatan ini merupakan amanat konstitusi yakni UU No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum Gratis Bagi Orang Miskin yang dibebankan kepada LBH sebagai pelaksana dari OBH. “Penyuluhan hukum adalah bagian dari amanat konstitusi dan menjadi bagian dari kegiatan LBH-PK sebagai OBH,” kata Hangsi Priyanto,SH.,MH Kadiv Humas LBH-PK mewakili ketua umum.

Sementara itu bertindak sebagai narasumber atau pengampu materi UU No.35 Tahun 2009 Tentang Narkotika adalah ketua LBH-PK Cabang Purbalingga Nugroho Notonegoro,SH.,MH. Pasal demi pasal dikupas, dijelaskan kepada peserta yang mayoritas kawula muda dengan sesekali diiringi candaan agar forum lebih cair serta hidup dan dinamis.

Peserta amat antusias dibuktikan di sesi tanya jawab 5 orang muncul sebagai penannya. Edi, misalkan, pemuda ini menanyakan tentang berbagai jenis narkotika dan hukumannya, serta menanyakan tahapan penangkapan oleh Kepolisian. Ketua cabang LBH-PK Purbalingga Nugroho dengan cekatan menjawab pertanyaan peserta edukasi hukum dengan gamblang. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here