LBH-PK : Penyuluhan Hukum Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) di Desa Metenggeng, Purbalingga

0
254

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – PENYULUHAN hukum bertema UU RI No. 23 Tahun 2004 Tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT) kembali di gelar. Kali ini Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran menggelarnya di Desa Metenggeng, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga, tepatnya di balai desa tersebut pada Rabu (28/10) malam.

Guyuran hujan lebat sempat menemani acara dan menjadi simphoni harmoni bak sebuah musik nan indah di dengar. Kahidupan manusia baik secara pribadi maupun bermasyarakat tidaklah tak terbatas. Semua di batasi berbagai aturan. Hukum itu aturan yang mengikat manusia. Manusia diatur agar tak seenaknya sendiri dalam kehidupan.

Hal ini di sampaikan kepala desa Metenggeng, Sugiarto dalam sambutannya. “Saya mengucapkan terimakasih dan selamat datang tim penyuluh hukum LBH-PK di Desa Metenggeng. Acara ini akan menjadikan warga ” melek hukum” sehingga keteraturan hidup bisa terwujud,” katanya.

Ditambahkan Sugiarto bahwa pandemi Covid19 masih melanda. Karena itulah protap kesehatan dengan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan diterapkan di acara ini. Paparan UU PKDRT diampu oleh Sahron,SH. “UU ini hadir untuk memberi rasa nyaman dalam berumah tangga. Sehingga keluarga sakinah mawaddah warokhmah bisa terwujud.

Hal kekerasan bisa terjadi dari suami ke istri, istri ke suami, suami-istri ke anak bahkan asisten rumahtangga. Kuncinya sabar, kuatkan iman taqwa agar masing-masing bisa menahan diri,” jelasnya.

Forum penyuluhan hukum amat dinamis. Terbukti lima orang penanya muncul menanyakan berbagai hal dalam sesi tanyajawab, dialog bebas. Semisal, BapakYanto menanyakan hal apakah berbayar bila meminta bantuan hukum ke LBH-PK, Ibu Veni Astuti hal rujuk, Ibu Dwi Hartati hal talaq, Bapak Suwandi hal waris serta Bapak Sekdes yang menanyakan hal dispensasi perkawinan dini.

Turut memberikan tambahan jawaban atas pertanyaan M. Fuad, SH dan Adi, SH. Acara ditutup dengan doa bersama dilanjutkan sesi foto bersama. Acara berlangsung aman, tertib dan lancar. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here