LBH-PK : Penyuluhan Hukum Tentang Perlindungan Anak di Desa Wirasaba Purbalingga

0
377

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – WIRASABA tak asing ditelinga kita semua. Sebuah desa yang secara demografis masuk dalam wilayah Kecamatan Bukateja, Kabupaten Purbalingga. Menyimpan sisi historis dengan keberadaan Kadipaten Wirasaba. Tak bisa dilepaskan kaitannya dengan sejarah Banyumas dalam Babad Wirasaba/Babad Banyumas.

Dari sisi pertahanan keamanan nasional ada pangkalan TNI AU Lanud Wirasaba yang kini berubah nama Bandara JB. Soedirman seiring program pembangunan komersialisasi bandara yang masuk tahap pembangunan fisik. Terbagi dalam tiga wilayah (grumbul/pedukuhan), Wirasaba Kidul (dulu pusatnya Kadipaten Wirasaba), Wirasaba Tengah (Karangwuni pusat pemerintahan desa), Wirasaba Lor/Teya.

Nah, kemarin itu pada Senin (26/10) malam, Lembaga Bantuan Hukum “Perisai Kebenaran” berkesempatan mengadakan acara edukasi berupa penyuluhan hukum. Grand themanya UU RI No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak. Locusnya ada di wilayah RT. 01. RW. 07. Kadus IV Karangwuni, WirasabaTengah. Peserta sekitar 30 orang terdiri perwakilan pemerintah desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda.

Riyadi, kepala desa Wirasaba dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang. “Saya atas nama pemerintah desa dan warga menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang tim penyuluh hukum LBH-PK di Desa Wirasaba. Saya senang dan bangga wirasaba bisa ditunjuk menjadi tempat berlangsungnya acara positif ini. Semoga kedepan bisa dilanjutkan, ” katan kades yang terpilih untuk kali kedua periode ini.

Sementara itu ketua umum LBH-PK mengatakan bahwa LBH-PK adalah salah satu OBH (Organisasi Bantuan Hukum) berdasar UU No. 16 Tahun 2011 yang melaksanakan konstitusi berupa bantuan hukum gratis warga miskin, advokasi, konsultasi hukum. “Jadi LBH-PK ini yuridikainya nasional, dari Sabang sampai Merauke, dari Mriangas sampai pulau Rote. LBH-PK terakreditasi “A” tiga periode berturut-turut dari Kemenkumham RI dan berbadan hukum,” kata Kadiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH mewakili ketua umum H.Sugeng,SH.,MSI.

Acara inti yakni penyuluhan hukum UU RI. No. 35 Tahun 2014 Tentang Perlindungan Anak di paparkan dan diampu oleh ketua LBH-PK Cabang Purbalingga, Nugroho Notonegoro,SH. “UU ini hadir karena negara memandang anak itu sebagai emas yang merupakan generasi penerus kehidupan bangsa, negara, masyarakat, agama serta keluarga. Inilah filosofi dari UU ini,” jelasnya. Sesi tanyajawab, dialog bebas memunculkan tokoh pemuda M. Udin yang menanyakan batas-batas orang tua melanggar hak-hak anak.

Secara bergantian Kadiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH dan Kadiv Non Litigasi Teguh, SH membantu narasumber utama memberikan tambahan penjelasan pada sesi tanyajawab tersebut. Acara diakhiri dengan doa penutup oleh sesepuh sekaligus kayim M. Masduki. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama. Acara berlangsung aman, tertib, lancar.(cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here