LBH-PK Pusat Gelar Pemberdayaan Masyarakat Bertempat di Balai Desa Kembangan, Purbalingga

0
174

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Pusat menggelar Pemberdayaan Masyarakat bertempat di Balai Desa Kembangan, Kecamatan Bukateja, Purbalingga pada Jumat (9/4) malam.

Hadir dalam acara bertema pelatihan tentang proses hukum pidana dan perdata serta alur pelaporannya adalah perwakilan perangkat desa, tokoh agama, masyarakat, pemuda dan PKK.

Ketua panitia pelaksana penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat LBH-PK Pusat Hartomo, SH., MH mengatakan acara merupakan kerjasama Kanwil Kemenkumham Jateng dengan LBH-PK Pusat, Pengabdian Masyarakat Elza Syarief Law Office dan FH UNTAG 45 Jakarta.

Penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat merupakan program Non Litigasi yang merupakan perwujudan dari adanya UU No. 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum gratis bagi orang miskin, kelompok orang miskin dan tak mampu.

Sementara itu kepala Desa Kembangan Lasmono menyampaikan apresiasi atas dipilihnya Desa Kembangan menjadi tempat pelaksanaan acara dari LBH-PK Pusat. “Ini hal baru di Desa Kembangan. Terima kasih dan selamat datang tim LBH-PK Pusat di Desa kami ini,” ucapnya.

Lasmono kades yang sebelumnya merupakan anggota TNI AU Lanud Wirasaba mengungkap potensi Desa Kembangan dengan gamblang. “Semakin banyak jumlah penduduk maka semakin rawan pula untuk terjadinya pelanggaran hukum. Disinilah acara LBH-PK Pusat ini menjadi penting,” imbuhnya.

Hadir sebagai narasumber utama adalah Dr. Kurniawan Triwibowo,SH.,MH.,CPL sekaligus memandu teknis pengisian formulir pengaduan masyarakat. Sesi tanyajawab memunculkan tiga orang penanya. Sebelumnya acara di dahului menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di pandu Ibu Supriatin. Acara di tutup dengan doa dilanjutkan sesi foto bersama. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here