LBH-PK Pusat Gelar Penyuluhan Hukum Bertempat di Pendopo Desa Sumilir Purbalingga

0
282

PURBALINGGA (cilacapnews.com) – Hukum itu hidup, tumbuh, berkembang dinamis di tengah masyarakat. Hukum ada dan hadir untuk memberikan keamanan, kenyamanan serta menciptakan ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Hal ini di sampaikan Slamet Kusnandar, SH saat menjadi narasumber utama penyuluhan hukum di Desa Sumilir, Kecamatan Kemangkon, Purbalingga, Sabtu (20/3).

Penyuluhan hukum yang bertempat di Pendopo Desa Sumilir tersebut mengkat tema UU RI No. 23/2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (PKDRT). “Keluarga adalah unit terkecil dalam sebuah sistem bernegara dan berbangsa yang menentukan maju mundurnya sebuah bangsa. Keberadaannya di lindungi untuk memberikan keamanan dan kenyamanan,” kata advokat senior yang merupakan salah satu dari pendiri LBH-PK tersebut.

Hadir dalam acara kades beserta jajaran Pemdes Sumilir, kader PKK, kader Kesehatan dan tokoh desa setempat. Penyuluhan hukum di Desa Sumilir merupakan inisiasi Paguyuban Linmas Kecamatan Kemangkon dan hadir para Danton Linmas Desa se Kecamatan Kemangkon.

Hartomo, SH., MH selaku ketua panitia pelaksana penyuluhan hukum mengatakan penyuluhan hukum Tahun Anggaran 2021 merupakan kerjasama Kanwil Kemenkumham Jateng dengan LBH-PK Pusat. “Penyuluhan hukum masuk dalam program Non Litigasi ada juga konsultasi hukum, pemberdayaan masyarakat, advokasi hukum, drafting hukum,” katanya.

Masih kata Hartomo pihaknya mengucapkan terimakasih atas fasilitasi dari Kades dan jajaran serta mohon maaf sebab ketua umum H.Sugeng,SH.,MSI tidak bisa hadir di karenakan beliau dalam persiapan untuk bersidang di KPK Jakarta.

Kades Sumilir Drs. Tukiman mengucapkan banyak terima kasih atas acara dari LBH-PK ini. “Penyuluhan hukum sangat bermanfaat. Terlebih bagi para Danton Linmas desa. Kami merasa terhormat terpilih menjadi tempat pelaksanaan acara ini. Menambah khasanah-khasanah pengetahuan,” ujarnya.

Sementara itu Danton Linmas Kecamatan Kemangkon mengungkap memang acara di inisiasi oleh Linmas dengan tujuan membekali para Danton Linmas Desa se Kecamatan Kemangkon dengan pengetahuan hukum.

“Linmas mengucapkan terima kasih atas dikabulkannya permohonan penyuluhan hukum gratis dari LBH-PK. Kecamatan Kemangkon ada 19 berarti ada 19 Danton Linmas desa. Danton Linmas adalah pemegang tampuk kepemimpinan kamtibmas yang diharapkan bisa menangani segala perkara kamtibmas di wilayahnya dengan damai,” ujar Sakim yang merupakan Danton Linmas Desa Sumilir tersebut.

Forum berkembang sangat dinamis dengan di bukanya sesi tanyajawab. Hadi Susanto Danton Linmas Desa Jetis, Hadi Sumitro Danton Linmas Desa Senon, Suprandono Danton Linmas Desa Bakulan, Sarno Danton Linmas Desa Bokol dan Ibu Indri kader kesehatan Desa Sumilir muncul mengajukan berbagai pertanyaan dan dijawab oleh Slamet Kusnandar, SH, Hartomo, SH., MH juga Faiq El-Himma, SH.

Sebagai acara resmi rangkaian penyuluhan hukum di dahului dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di pandu Ibu Rusliah kader kesehatan desa setempat. Bertambah meriah dengan hadirnya Mars Linmas dipandu Hadi Susanto. Keseluruhan acara berlangsung dengan aman, tertib dan lancar. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here