LBH-PK Pusat Melakukan Cheking, Gladi Resik di Rutan Purbalingga dan Banyumas

0
179

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – Tahun 2021 menjadi tahun penuh kesibukan. Pasalnya di tahun 2021 dua agenda penting menghadang seluruh jajaran pengurus, advokat atau Pengacara pada Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran pusat, korwil dan cabang di seluruh Indonesia.

Pertama adalah agenda Reakreditasi Nasional Organisasi Bantuan Hukum (OBH) oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Kedua, terkait dengan program realisasi penyerapan bantuan hukum tahun 2021 untuk orang miskin atau kelompok orang miskin dan tak mampu.

Sebagai informasi awal tahun 2021 LBH-PK meneken MoU dengan Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah dan Biro Hukum Setda Provinsi Jawa Tengah. Perihal MoU adalah program bantuan hukum gratis untuk orang miskin, kelompok orang miskin dan tidak mampu baik Litigasi maupun Non Litigasi.

Program Non Litigasi seperti penyuluhan hukum sudah mulai berjalan di Desa Kedunglegok Kecamatan Kemangkon dan Desa Wirasaba Kecamatan Bukateja. Sebagimana yang disampaikan ketua umum H. Sugeng, SH., MSI bahwa penyerapan anggaran bantuan semakin cepat baik tapi harus tetap berkualitas.

Juga target ketua umum agar program Non Litigasi berupa penyuluhan hukum dan pemberdayaan masyarakat di laksanakan secepatnya sebelum memasuki bulan puasa. Usai sukses di dua Desa, Kedunglegok dan Wirasaba kini tinggal pada Rutan juga Lapas.

Guna hal ini hari ini Senin (15/3) jajaran panitia pelaksana penyuluhan hukum LBH-PK Pusat Tahun Anggaran 2021 melakukan cheking, gladi resik di Rumah Tahanan (Rutan) Purbalingga dan Rumah Tahanan (Rutan Banyumas). “Alhamdulillah pagi hingga sore kami sudah cheking terakhir persiapan penyuluhan hukum di Rutan Purbalingga dan Rutan Banyumas, semua sudah siap,” kata ketua panitia pelaksana penyuluhan hukum LBH-PK Pusat Hartomo, SH., MH kepada wartawan saat keluar dari Rutan Banyumas.

Hartomo turun langsung ke Rutan dan Lapas di dampingi Kadiv IT Dwiyan Adistira, S.Kom juga Faiq El-Himma, SH. Masih kata Hartomo sore ini (Senin sore,-red) Tim Penyuluh Hukum Ahli Muda Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Ibu Rina Desi Ariyanti, SH., MH datang lebih awal ke kantor pusat LBH-PK di Kranji, Purwokerto untuk melihat sejauh mana kesiapan panpel untuk agenda penyuluhan hukum pada Selasa (16/3) di Rutan Purbalingga dan Rutan Banyumas pagi hingga sore.

Ditambahkan oleh Hartomo panpel juga akan melakukan Pemeriksaan SARS COV2 Ag Rapid Test di Laboratorium Klinik Medico Labora Jalan Merdeka No. 30 Purwokerto. “Puji syukur kepada AllahSWT hasil tes semua Negatif,” ucap pendiri LBH-PK tersebut.

Sebagi penutup agenda hari ini panpel menggelar koordinasi dan koordinator jadual penyuluhan hukum di Rutan dan Lapas serta desa. Rapat koordinasi dan gelar gelar karena penyuhan hukum melibatkan narasumber dari Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah bahkan Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM Bapak Bambang Setyabudi, SH., MH akan datang di Lapas Purwokerto pada Rabu (17/3).

Penyuluhan hukum juga melibatkan narasumber secara virtual Ibu Elza Syarief sosok yang banyak menjadi kuasa hukum selebriti Tanah Air juga kuasa hukum keluarga Cendana Tomy Soeharto. “Ada interaksi narasumber virtual dari Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) Elza Syarief Low Office untuk syarat gelar Profesor bersama advokat LBH-PK Dr. Kurniawan Triwibowo, SH., MH., CPL,” pungkas Hartomo. (cn / tro / 05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here