LBH-PK Pusat Menggelar RAT Akhir Tahun Penanganan Perkara

0
385

PURWOKERTO – Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Perisai Kebenaran Pusat menggelar RAT (Rapat Akhir Tahun) Penanganan Perkara, Kamis (31/12/2020). RAT LBH-PK Pusat dipimpin langsung Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI dihadiri Sekretaris Jenderal Diah Ariwati,SH, Waketum Slamet Kusnandar,SH, Kadiv Humas Hangsi Priyanto,SH.,MH, Kadiv IT Dwiyan Adistira,S.Kom, perwakilan pengurus LBH-PK Cabang Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Cilacap serta staf.

RAT LBH-PK Pusat adalah rapat khusus yang diselenggarakan setiap akhir tahun untuk menyampaikan progres reaport kinerja lembaga berkaitan dengan penanganan perkara Litigasi dan Non Litigasi. Datanya diambil dari Korwil dan Cabang seluruh Indonesia. “Ini bagian dari transparansi serta pertanggungjawaban publik LBH-PK sesuai UU No. 16 Tahun 2011 Tentang Bantuan Hukum,” kata Ketua Umum H.Sugeng,SH.,MSI saat memimpin RAT LBH-PK Pusat.

Ditambahkan olehnya bahwa anggaran bantuan hukum gratis untuk orang miskin atau kelompok orang miskin bersumber dari APBN melalui Kementrian Hukum dan HAM Republik Indonesia. Ada juga yang melalui APBD Provinsi, Kabupaten, Kota bagi yang sudah mempunyai PERDA Bantuan Hukum Gratis bagi orang miskin dan peraturan turunannya semisal PERBUP.

“Data penanganan perkara kali ini diambil dari cabang terdekat penyangga pusat yakni LBH-PK Cabang Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Cilacap. Penanganan Perkara Litigasi sudah 100℅,” imbuhnya.

Masih menurut Sugeng untuk mendapatkan akreditasi “A” setidaknya ada 64 perkara Litigasi dengan demikian kita sudah melebihi target persyaratan dari Kemenkumham RI. Pada RAT LBH-PK Pusat yang dimulai Pukul. 15.30 Wib tersebut Ketua Umum menyampaikan apresiasi, penghormatan yang setinggi-tiingginya kepada seluruh jajaran penasehat, pengawas, pendiri dan pengurus baik pusat, korwil, dan cabang LBH-PK seluruh Indonesia beserta paralegal, staf karyawan atas kinerja serta dedikasinya selema tahun 2020.

“Tak ada jalan lain agar lLBH-PK tetap berkiprah, berjaya bagi penegakan hukum di Indonesia sesuai perannya dalam UU Bantuan Hukum selain melaksanakan bangunan dasar dibentuknya LBH-PK yakni 5 Karakter dan 4 Tertib,” harap Sugeng.

Diakhir RAT Ketua Umum LBH-PK Pusat H.Sugeng,SH.,MSI menyampaikan Resolusi LBH-PK 2021 yaitu dicanangkan sebagai “Tahun Pembentukan Posbakum, Tahun Digitalisasi Data dan Tahun Kunjungan ke Korwil/Cabang seluruh Indonesia. RAT LBH-PK Pusat ditutup dengan do’a dan penyampaian selamat tahun baru 2021 oleh Ketua Umum.(cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here