Linmas Karangpucung Dibekali Wasbang Oleh Babinsa

0
451

Cilacapnews.com – Koramil 15/Karangpucung, Kodim 0703/Cilacap melalui Babinsanya bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Cilacap, Selasa (04/12/2018) gelar pembinaan dan pembekalan Wawasan Kebangsaan dan tata-tertib bermasyarakat.

Kegiatan yang dilaksanakan, Selasa (04/12/2018) di Pendopo Kecamatan diikuti 30 orang anggota Pelindung Masyarakat (Linmas) se-Kecamatan Karangpucung.

Babinsa Koramil 15/Karangpucung, Sertu Moch. Ismail mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan ini adalah agar linmas inti memiliki wawasan kebangsaan sebagai bekal hidup di wilayahnya, sehingga tertanam jiwa cinta tanah air dan cinta budaya bangsa.

Dia menambahkan, dengan keterlibatannya, kami dalam memberikan pelatihan kepada linmas adalah salah satu tugas untuk membina komponen cadangan sistem Pertahanan dan Keamanan Nasional.

“Indonesia didasarkan atas prinsip Pertahanan dan Keamanan secara menyeluruh yang berarti bahwa, Angkatan Bersenjata (TNI) dan masyarakat Indonesia secara menyeluruh sama-sama bertanggung jawab untuk dapat menjaga keamanan dan pertahanan Negara,” tandasnya.

Menurutnya, Linmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana guna mengurangi dan memperkecil dampak akibat bencana.

“Tugas lainya yakni memelihara keamanan ketentraman dan ketertiban masyarakat serta ikut kegiatan sosial kemasyarakatan,” jelas Sertu Moch. Ismail.

Selain itu, menurutnya pembinaan potensi rakyat untuk kepentingan Pertahanan dan Keamanan (Hankam) bertujuan untuk mengikutsertakan rakyat secara tertib dan teratur dalam pertahanan keamanan nasional.

Dia menjelaskan, dengan demikian, maka akan terwujud satuan bentuk pertahanan dan keamanan nasional yang berlandaskan potensi rakyat semesta.

“Lalu menghimpun potensi rakyat dalam pertahanan sipil dan perlawanan keamanan rakyat semesta memberikan latihan-latihan keterampilan yang bersangkutan dengan tugas kewajiban dan persiapan sebagai komponen cadangan,” pungkas Babinsa. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here