Liputan Khusus Potensi Advokat LBH-PK Diberbagai Organisasi

0
212

PURWOKERTO, cilacapnews.com – Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran telah usai melaksanakan agenda peringatan hari lahir ke 19 sekaligus halal bihalal dan tasyakuran diraihnya kembali predikat akreditasi A dari Menkumham RI di di Garden Hall & Restro pada Senin (16/5/2022) beberapa waktu yang lalu.

Dengan demikian Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran yang berkantor pusat di Jalan Mas Cilik No.34 Kranji, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, kini tercatat sudah mendapatkan predikat akreditasi A selama 4 periode berturut-turut tanpa jeda. Tentu prestasi gilang gemilang ini tidaklah datang dengan sendirinya.

Ada kerjasama, integritas, dedikasi, loyalitas dan pelayan prima yang diberikan kepada lembaga kepada masyarakat, bangsa dan negara dalam kaitannya sebagai pelaksana UU No.16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum cuma-cuma dan gratis bagi orang miskin, kelompok orang miskin dan tidak mampu.

Satu hal lagi nampaknya perlu diketahui oleh publik bahwa pengurus atau advokat yang berhimpun di lembaga ini ternyata juga mempunyai posisi strategis di organisasi profesi advokat yang telah mendidik mereka semua sehingga menjadi advokat seperti sekarang ini.

Berita dan liputan khusus ini diturunkan untuk diketahui publik. Sebelumnya berita atau liputan khusus ini sudah melalui proses komunikasi dan koordinasi dengan yang bersangkutan guna memastikan posisi dan peran mereka dalam berbagai organisasi profesi advokat ditambah aktifitas sosial kemasyarakatan, keagamaan, kepamudaan, seni dan budaya.

Sebelum memasuki pembahasan inti, ada baiknya sejenak diketahui bersama bahwa Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran berdiri pada 14 Mei 2003. Berbadan hukum SK. Menkumham RI Nomor:AHU.48.AH.01.07 Tahun 2014. Akta Notaris Nomor 43 Tanggal 14 Mei 2003 jo. Nomor 75 Tanggal 22 Nopember 2013.
Mempunyai 20 cabang di kabupaten dan kota, 10 korwil di provinsi besar di seluruh Indonesia. Berhimpun para advokat sejumlah 186, didikan dari berbagai macam latar organisasi profesi advokat.

Lembaga bantuan hukum ini didirikan oleh 7 advokat yakni H.Sugeng,SH.,MSI, Waslam Makhsid,SH.,M.Hum, Slamet Kusnandar,SH, Diah Ariwati,SH, Hufron Nurhamid,SH, Nur Eka Rahmanto,SH dan Hartomo,SH.,MH.

Sementara itu untuk potensi pengurus dan advokatnya adalah sebagai berikut :
Slamet Kusnandar,SH. Berposisi sebagai pendiri dan wakil ketua umum LBH-PK. Beliau aktif terlibat dalam berbagai kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan di tempat tinggalnya. Sering bertindak sebagai imam salat wajib lima waktu, imam dan khatib salat Jumat. DPD PAN Purbalingga mendaulat beliau sebagai Kepala Departemen Hukum.

Hartomo,SH.,MH. Berposisi sebagai pendiri, sekretaris jenderal dan ketua LBH-PK Cabang Banyumas. Beliau aktif di kegiatan keagamaan dan sosial kemasyarakatan. Dibelakang rumahnya berdiri sebuah musala yang cukup bagus serta representatif untuk pelaksanaan salat lima waktu warga masyarakat di sekitarnya. Suka mengumandangkan adzan dan bersalawat untuk menunggu jamaah datang. Dia juga merupakan Korwil PERADI Banyumas.

Nugroho Notonegoro,SH. Saat ini duduk di Ketua LBH-PK Cabang Purbalingga. Kelihaiannya dalam memenej, memutar roda lembaga sehingga berhasil meneken MoU bantuan hukum gratis dengan PA, PN dan Pemkab menjadikannya diangkat oleh ketua umum memperkuat struktur pengurus pusat sebagai wakil sekretatis jenderal (Wasekjen) LBH-PK.

Hj.Anita Handayani Nur Syamsi,SH,MH. Duduk sebagai Ketua LBH-PK Cabang Kebumen dan Wakil Ketua DPC PERADI Kebumen. Ia juga merupakan dosen di STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah) Kebumen serta merupakan atlit tenes lapangan yang dimiliki Kabupaten Kebumen. Sukses juga dalam membina keluarga. Sang suami AKP.Sugiyanto,SH saat ini adalah Kapolsek Klirong Polres Kebumen. Anak 1 putra, alumni IPDN, menantu juga alumni IPDN angkatan XXV, dan putrinya adalah seorang dokter.

Anstinna Yuliantie,SH. Saat ini adalah Wakil Sekretaris LBH-PK Cabang Pekalongan dan pengurus DPC PERADI. Bersama koleganya di lembaga, Ani Kurniasih,SH sebagai Ketua PBH dan M.Nafidzulhaq sebagai Wakil Ketua PBH.

M.Rikza Prayoga,SH.,MH. Duduk di Ketua LBH-PK Cabang Cilacap dan Kadiv Litigasi Pengurus Pusat LBH-PK. Selain itu ia juga adalah Wakil Ketua III DPC PERADI Cilacap.
Iskandar Dzulkarnain,SH. Ia adalah Wakil Seketaris LBH-PK Cabang Cilacap, Komandan Satuan Tugas Khusus Pengamanan (DanSatGasus) Posbakum, Anggota Divisi Non Litigasi Pengurus Pusat LBH-PK serta Sekretaris DPC IKADIN ( Ikatan Advokat Indonesia) Banyumas.

Misbakhul Munir,SH. Ketua LBH-PK Cabang Pemalang dan juga Sekretaris DPC PERADI Pemalang.

Suskoco Sachid,SH.,MH.,MM. Ketua LBH-PK Cabang Tegal, Ketua DPC PERADI Tegal Raya, Ketua Alumni Kab/Kota Tegal dan Kabupaten Brebes Ponpes Darul Ulum dan Universitas Darul Ulum Jombang, Kepala Badan hukum dan Advokat Rakyat (BBHAR) Cabang PDI P Kabupaten Tegal.

Hangsi Priyanto,SH.,MH. Kadiv Humas PP LBH-PK, Ketua LBH-PK Cabang Purwokerto, Kadiv Humas FORBAKUM Jateng, Kadiv Humas FORNAS-BANKUM Indonesia, BPPH Pemuda Pancasila Banyumas (Bersama Doddy Prijo Sembodo,SH.,MH), Dewas RS. Dadi Keluarga Purwokerto, Pengacara RS. Dadi Keluarga Purwokerto (Bersama Doddy Prijo Sembodo,SH.,MH).

Ahmad Torikhin,SH.,MH. Ketua LBH-PK Cabang Brebes dan juga Sekretaris DPC PERADI Brebes.

H.Ikhsan Al Hakim,SH.,MH. Ketua LBH-PK Cabang Wonosobo sekaligus Ketua DPC KAI (Kongres Advokat Indonesia) Wonosobo.

Mulyono,SH. Kadiv Litbang PP LBH-PK. Latar Ia juga merupakan mantan Panitera Pengganti Pengadilan Tinggi Yogyakarta diperbantukan di Bagian Perdata.

Teguh Bayu Aji,SH. Kadiv Pengembangan Organisasi, Sumber Daya Manusia dan Program Bantuan Hukum serta Wakil Ketua LBH-PK Cabang Banyumas ini sebelumnya pernah duduk sebagai IKetua LBH-PK Cabang Purwokerto.

Selain nama-nama tersebut diatas, LBH-PK juga mempunyai sosok dan figur advokat berlatar akademisi seperti Aris Priyadi,SH.,MH, dosen FH UNWIKU Purwokerto, H.Sugeng Riyadi,SH.,MH, Kadiv Pembelaan dan Penegakan Disiplin Organisasi ini adalah dekan pada 3 fakultas di UNU Purwokerto dan Dr.Wagiman,S.Fil.,SH.,MH.,CTL.,C.C.C.L.E., CIArb, Kapusdiklat PP LBH-PK ini merupakan mantan dekan FH UTA’45 Jakarta.

Menariknya lagi LBH-PK mempunyai sosok dan figur advokat muda milenial karena kiprah dan sepak terjangnya di bidang penggunaan perangkat media sosial, aktifitas sosial, seni dan kepemudaan. Advokat muda milenial ini mayoritas ada di LBH-PK Cabang Purbalingga.

Diantara mereka juga diboyong untuk memperkuat struktur pengurus pusat. Mereka adalah M.Imam Afifudin,SH duduk di anggota Divisi Pengembangan Organisasi, Sumber Daya Manusia dan Program Bantuan Hukum. Lalu, Nurul Adi Nugroho,SH.,MH duduk di anggota Divisi Litigasi. Kemudian M.Ihsanul Fuad,SH duduk di Kadiv IT dan Brilian Wisnu Aji,SH, duduk di anggota Divisi IT.

Informasi tambahan, itu baru sekelumit saja yaitu para ketua cabang terdekat seperti Purwokerto, Banyumas, Purbalingga, Cilacap, Wonosobo, Tegal, Brebes, Pemalang dan Pekalongan. Belum kepada cabang dan korwil diluar yang telah disebutkan diatas. (tro).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here