Menko Perekonomian Airlangga Hartarto Resmikan RS Priscilla Medical Center

0
106

CILACAP, cilacapnews.com – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia, Dr. (H.C). Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T meresmikan Rumah Sakit Priscilla Medical Center (PMC), Jumat (1/7/2022). Rumah sakit yang terletak di Jalan Raya Maos – Sampang, Desa Karangtengah ini dibangun atas kerja sama Yayasan Maria Priscilla dan PT Sari Husada Bhakti.

Turut hadir dalam peresmian ini Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, mantan Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, serta sejumlah anggota DPR, dan Forkopimda Kabupaten Cilacap.

Dalam laporannya, Komisaris Utama PT Sari Husada Bhakti Jacobus Dwihartanto mengisahkan peristiwa yang melatarbelakangi motivasi pembangunan RS PMC. Yakni saat putri semata wayangnya meninggal pada 30 Oktober 2012, di usia 15 tahun.

Selanjutnya, Yayasan Maria Priscilla bekerja sama dengan PT Sari WHusada Bhakti membangun Rumah Sakit Priscilla Medical Center (PMC) di Desa Karangtengah, Kecamatan Sampang, yang dilaksanakan sejak tahun 2018.

“PMC memiliki luas bangunan 3.000 meter persegi yang terdiri atas tiga lantai serta satu “rooftop” dan satu “basement”, kata Jacobus.

PMC merupakan rumah sakit tipe C yang dilengkapi dengan fasilitas rawat inap dengan 150 tempat tidur, 15 poliklinik umum dan spesialis, instalasi gawat darurat, ruang operasi, laboratorium patologi, dan sebagainya. Sebanyak 80 persen tempat tidur disediakan untuk rawat inap pasien BPJS Kesehatan.

Dalam sambutannya, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengaku berempati terhadap keluarga Jacobus Dwihartanto serta mendukung kehadiran RS PMC. Menurut Airlangga, fasilitas di PMC sangat baik. Bahkan mungkin merupakan yang terbaik di Kabupaten Cilacap, dan di Jawa Tengah.

“Itu sebabnya dari awal saya minta Priscilla (RS PMC) segera diberikan izinnya, caranya terserah. Yang penting izin segera keluar, rumah sakit bisa berdiri, bisa bermanfaat bagi masyarakat melalui layanan BPJS,”katanya.

Airlangga berharap arus kas RS PMC Cilacap dapat tumbuh positif seperti halnya Yellow Clinic yang didirikan Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamujji mengakul proses perizinan pembangunan PMC terkesan lama karena Pemkab Cilacap berupaya mengambil langkah dan kebijakan yang berdampak langsung — terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Salah satunya dengan mengubah Peraturan Daerah Kabupaten Cilacap tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat akan kebutuhan ruang demi terwujudnya _ akselerasi pembangunan.

“karena banyak lokasi-lokasi yang harus direvisi, baik ada maupun tidak ada pembangunan termasuk lokasi Rumah Sakit Priscilla Medical Center ini,”jelas Tatto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here