Merajut Silaturahmi Meneguhkan Eksistensi Alumni

0
512
sugiantoro, S. Ag
sugiantoro, S. Ag

SEGENAP alumni dari berbagai angkatan dan generasi pada Institut Agama Islam Imam Ghazali (IAIIG), Kasugihan, Cilacap akan melangsungkan hajatan akbar nan fenomenal. Tepat pada Sabtu, (25/3), bertempat di Lantai II Kampus IAIIG digelar Kongres Ke-4 Ikatan Keluarga Besar Alumni Institut Agama Islam Imam Ghazali (IKBA IAIIG).

Pendirian dan deklarator
Berangkat dari diskusi-diskusi kecil beberapa kawan-kawan aktivis intra dan ekstra kampus akan perlunya sebuah wadah bagi para alumni IAIIG, pelan tapi pasti berbagai upaya terus dimatangkan. Dan segala rumusan, gagasan serta pemikiran beberapa alumni diangkat ke permukaan dengan sebuah Manifesto Alumni berupa Deklarasi Forum Alumni IAIIG. Deklarasi tersebut dilaksanakan tepat pada Minggu, (24/5/2004) bertempat di Aula Gedung UPT Disdikpora Kesugihan. Sebagai perintis, penggagas sekaligus deklarator adalah Sahabat Shoiman Nawawi,S.HI (Gus Shoim, alumni Fakultas Syari’ah), Muhammad Irfangi,S.PdI (alumni Fakultas Tarbiyah), Masykur Affandi,S.PdI (alumni Fakultas Tarbiyah), Second Is Ujihandoko,S.PdI (alumni Fakultas Tarbiyah), dan penulis sendiri sebagai alumni pada fakultas dakwah. Pasca deklarasi, tak lama kemudian bertempat di Gedung Perpustakaan Ponpes Al-Ihya Ulumaddin digelar agenda Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Pertama Forum Alumni IAIIG oleh pihak Rektorat beserta Civitas Akademika IAIIG.
Berbagai gagasan
Para deklarator bersepakat bahwa konsep dan format organisasi forum alumni adalah Ikatan Keluarga Besar Alumni IAIIG (IKBA IAIIG). Ikatan bisa dimaknai sebagai upaya sistematis  mengikat kembali para alumni yang tersebar diberbagai daerah (dalam wilayah NKRI) dan tersebar pula dalam berbagai wilayah pengabdian (profesi,keahlian,pekerjaan). Keluarga merujuk pada sistim dan pranata keteraturan sosial. Besar merujuk pada jumlah alumni IAIIG yang begitu banyak. Alumni merujuk pada pelaku utama sekaligus objek dan IAIIG merujuk pada nama Almamater tempat berproses dalam dialektika pembelajaran. Pilihan konsep organisasi meliputi Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Daerah (DPD, dalam penyempurnaan menjadi Dewan Pengurus Angkatan atau DPA sesuai periodisasi tahun wisuda). Dalam kepengurusan terdiri dari Dewan Penasehat dan Dewan Pelaksana Harian (bisa dianalogkan semisal Syuri’ah dan Tanfidziyah atau Steering Commite dan Organising Commite).
Pola kepemimpinan
Sampai saat ini DPP IKBA IAIIG-UNUGHA telah dipimpin oleh Sahabat Second Is Ujihandoko,S.PdI (Ketua Umum DPP IKBA IAIIG Pertama sekaligus sebagai Deklarator), Habibullah,S.PdI (Ketua Umum DPP IKBA IAIIG Kedua), dan Chamim Abbas,S.PdI (Ketua Umum DPP IKBA IAIIG Ketiga). Masing-masing figur tersebut telah berhasil membawa gerbong oragnisasi forum alumni ketahapan-tahapan yang lebih matang. Terbukti pada tiap-tiap periode kepemimpinan, forum alumni tak lekang dari berbagai aktifitas sosial kemasyarakatan, pendidikan dan pengabdian sesuai komitmen almamater dan komitmen Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perhelatan semacam seminar nasional, sarasehan, talk show, berbagai pelatihan pernah terlaksana dengan baik. Bahkan DPP IKBA IAIIG pernah mengadakan Pelatihan dan Seminar Nasional Pendidikan Antikorupsi yang dihendel langsung oleh personil penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Pada periode kepemimpinan pertama, struktur organisasi DPP IKBA IAIIG dilengkapi dengan satu orang juru bicara (jubir organisasi), dan penulis diberi mandat oleh para deklarataor dan ketum pertama sebagai jubir organisasi.
Penutup
Forum alumni bernama IKBA IAIIG-UNUGHA didirikan dengan niat, tekad dan ghiroh mulia yakni menjadi ajang silaturahmi para alumni. Ada ikatan emosional dan institusional pada seluruh Sahabat, Alumni dan Almamater. IKABA IAIIG-UNUGHA tidak berpolitik praktis, tidak menjadi sayap parpol, dan tidak terikat pada parpol apapun. IKBA IAIIG-UNUGHA menyadari ada nuansa ke-mengalir-an dalam setiap tata kelola implementasi program kerjanya. IKBA IAIIG-UNUGHA tidak menutup mata serta telinga bahwa banyak alumni yang sedang dan terus berproses dalam berbagai domain pengabdian, profesi, kekaryaan. Forum alumni hadir berkeinginan memberikan spirit, dukungan, gagasan dan moral kepada Sahabat-sahabat yang bergerak diberbagai lini pengabdian. Agenda utama Kongres adalah Laporan Pertanggungjawaban Ketua Umum dan memilih ketua umum baru. Siapapun ketum terpilih nanti diharapkan mampu membawa gerbong forum alumni untuk lebih membumi, tertata dan berperan aktif dalam setiap momentum sehingga distribusi dan penguatan eksistensi alumni diberbagai bidang semakin mantap. Pada usianya yang ke-13 tahun, penulis mengucapkan Selamat Datang dan Selamat ber-Kongres Ke-4 IKBA IAIIG-UNUGHA.
(*). Sugiyantoro,S.Ag.
     Alumni Fakultas Dakwah/KPI IAIIG Kesugihan-Cilacap
     Cp.085726013124

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here