Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Dana Desa Tahap 1

0
491

Cilacapnews.com. Cilacap – Bhabinkamtibmas Desa Maos Kidul Bripka Second IU,S.Pd.I, M.M sesuai dengan MOU Kapolri, Kemendes PDTT dan Mendagri Tentang Pengawasan Dana Desa mengikuti kegiatan Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Dana Desa Tahap I di Desa Maos Kidul, Selasa (05/12).

Pendamping Lokal Desa Suci Indah, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur Tarsono serta dari Pemberdayaan masyarakat kecamatan Maos Ciptoro dan Pri Hasmadi diikuti Perangkat desa Maos Kidul mengecek langsung kelapangan kegiatan pembangunan yang sudah selesai dari DD tahap 1.

Kapolres Cilacap AKBP Djoko Julianto, S.Ik, MH melalui Kapolsek Maos AKP Kiswoyo,S.IP mengungkapkan bahwa Mengingat besarnya Dana Desa (DD) sehingga perlu adanya pengawasan terkait penggunaanya dalam hal untuk pembangunan desa baik infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat.

Dia juga menjelaskan unsur Polri yang akan terlibat langsung pengawasan penyerapan dana desa adalah Bhabinkamtibmas keterlibatan Polri, sebagai upaya preventif penyelewengan dana desa. “Polri yang dilibatkan dalam hal ini adalah Bhabinkamtibmas. Ini upaya preventif. Upaya respresif itu paling akhir, kalau terjadi penyimpangan,” Ujar Kiswoyo.

Pembangunan Sumber Dana Desa di desa Maos Kidul antara lain : Pembangunan jalan setapak paving di Rt2/1 panjang 180,8m lebar 1,3m untuk RT 02/1 pembangunan setapak paving di bagi empat titik.

‘’Pembangunan drainase di Rt8/1 panjang 237m lebar 0.3m’’
‘’Pembangunan drainase di Rt 2/2 panjang 248,8m lebar 0.3m kedalaman 0.9m’’
‘’Pembangunan Brug/jembatan di Rt 1/2 Plat: panjang 5,5m lebar 1,2m tebal plat 0.15m
Pondasi bawah: panjang 7,5m lebar 0,3m kedalamamalan 0,9m.
Pembangunan Drainase di Rt 5/2 panjang 127,4m.
Pembangunan jalan setapak paving di Rt 5/4 panjang 182m lebar 1,2m.
‘’Pengaspalan Jalan Lintas Kadus (Jl.Pramuka) sumber anggaran Bansus Kab 150jt panjang 722,7m lebar rata2 2,9m dan pengaspalan ini terbagi dua titik.
‘’Pembangunan jalan setapak Paving di Rt2/3 panjang 140,5m.
‘’Pembangunan Brug/jembatan diRt 5/3 panjang 5,7m kedalaman 1m
‘’ Pembangunan drainase di Rt5/3 panjang 32m lebar 0.3m
‘’Pembangunan drainase di Rt 7/3 panjang 110,4m lebar 0,3m
‘’Pembangunan Brug di Rt 7/3 panjang 5,6m kedalaman 1m.
‘’jalan setapak dibeton di Rt 1/4 panjang 121,7m lebar 1,2m tebal 0,5m.

Setelah dievaluasi dan dicek pembangunan secara fisik oleh bagian pemberdaya masyarakat Kecamatan Maos yang didampingi oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, PLD dan PDTI sudah sesuai dengan volume pada RAB, dan kegiatan ini juga mengecek pembangunan RTLH(Rumah Tidak Layak Huni) sebayak 8 rumah.

Kepala desa Maos kidul Santoso Alif Wibowo sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berterima kasih, diharapkan semakin banyak yang mengawasi maka pembangunan desa semakin berkualitas dan jauh dari penyelewengan anggaran.(TIM).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here