Musyawarah Masyarakat Desa Binangun Bahas Soal Kesehatan

0
371

Cilacapnews.com – Babinsa Koramil 04/Binangun dan Perangkat Desa Pagubugan, Selasa (04/12/2018) gelar rembug masyarakat desa atau Musyawarah Masyarakat Desa (MMD).

Kegiatan MMD yang dilaksanakan di salah satu rumah makan di dusun Pesawahan, Binangun dihadiri Kades dan perangkat Desa Pagubugan, Babinsa koramil 04/Binangun, Kepala UPT Puskesmas Binangun, tokoh masyasrakat, dan masyarakat merupakan upaya mewujudkan kondusifitas wilayah, sehingga keberlangsungan pembangunan diberbagai bidang dapat terlaksana dengan baik, salah satunya bidang kesehatan masyarakat.

Kepala Desa Pagubugan, Bambang Luriyanto  dalam sambutannya menyampaikan, ucapan terima kasih dan selamat datang kepada tim dari UPT Puskesmas Binangun yang hadir dalam Musyawarah Masyarakat Desa.

“Kami menghimbau seluruh peserta agar aktif mengemukakan pendapat dan pengalaman, sehingga membantu pemecahan masalah yang dihadapi bersama,” katanya.

Sementara, dr. Lini Nurain dari UPT Puskesmas Binangun menyampaikan, MMD adalah pertemuan perwakilan warga desa beserta tokoh masyarakat dan para petugas untuk membahas hasil Survei Mawas Diri (SMD) dan merencanakan penanggulangan masalah kesehatan yang diperoleh dari hasil survei mawas diri.

“Tujuan dilaksanakannya MMD ini  diantaranya, agar masyarakat mengenal permasalahan kesehatan yang ada di lingkungannya,” tandasnya.

Babinsa Pagubugan, Pelda Darmawan juga mengajak warga masyarakat bersepakat untuk menanggulangi masalah kesehatan melalui pelaksanaan Desa Siaga dan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes).

“Di sini peran masyarakat cukup dominan dalam menyusun rencana kerja untuk menanggulangi masalah kesehatan, dan melaksanakan Desa Siaga dan Poskesdes,” jelasnya.

Selain itu, imbuh Babinsa kami juga menyarankan agar dibuatkan jamban sehat untuk masyarakat, kebersihan lingkungan harus lebih digalakan lagi dan masih adanya hunian warga yang tanpa ventilasi udara, sehingga sirkulasi udara tidak lancar.

Acara dilanjutkan tanya jawab dan diskusi pemecahan masalah seputar kesehatan seperti asuransi kesehatan (BPJS), pengawasan terhadap ibu hamil, Bayi lahir dan pengobatan gratis. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here