Ngopi bareng Gubernur Jawa Tengah, Nelayan Keluhkan Limbah Industri.

0
350

CilacapNews.com – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berdialog dengan para nelayan dan pelaku UMKM dalam acara Ngopi Bareng Gubernur di Pantai Teluk Penyu Cilacap,Rabu (9/12/2016) malam. Acara yang di hadiri Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Ketua DPC PDIP Taufik Nur Hidayat, PLT Bupati Cilacap Akhmad Edi Susanto, Setda Kab Cilacap Sutarjo, Ketua HNSI Cilacap Sarjono, Kepala KUD Mino Saroyo Untung Jayanto, SKPD kab Cilacap, Ketua Kelompok Nelayan Cilacap.

Nelayan Cilacap mengeluhkan,  permasalahan laut di wilayah perairan Yogyakarta yang seakan di kapling – kapling sehingga nelayan Cilacap sering tertangkap di wilayah perairan tersebut. Permasalahan limbah dari Insdustri yang berada di wilayah pantai Cilacap juga menyumbang berkurangnya  hasil tangkapan ikan  di perairan Cilacap.

Salah Seorang Nelayan, Maryadi curhat ke Gubernur,  di saat  sepi melaut karena cuaca yang tidak memungkinkan,  apa yang bisa saya lakukan lagi pak Gubernur, ya terpaksa saya cari penghasilan lain kadang saya jadi tukang bangunan kadang jual bakso ikan ,” ungkap Maryadi.

Mendengar keluhan para nelayan Ganjar menjelaskan akan bersama Pemerintah Provinsi Jateng melalu dinas terkait akan memberikan pelatihan kepada para nelayan agar mendapatkan pemasukan di saat melaut sepi akibat faktor cuaca.

Bantuan sengaja tidak di berikan berupa uang tunai tapi berupa ketrampilan agar nelayan punya skill khusus sesuai bakat nya tanpa mengandalkan bantuan dari pemerintah.

Bersama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan , HNSI dan Pemerintah Kab Cilacap kita bersama – sama akan memberikan pelatihan dan pendampingan untuk meningkatkan kesejahteraan yang akan di berikan baik untuk kelompok nelayan maupun secara pribadi juga akan menggandeng lembaga keuangan atau perbankan dengan bunga yang rendah ,” tandasnya. (nani/050904).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here