Peduli Kemanusiaan: GMBI, JIPC, Donor Darah Dalam Festival Kemerdekaan RI.

0
474
Cilacapnews.com  – Festival Kemerdekaan RI yang ke 72 berlangsung di Alun – alun Tugu Kroya Kabupaten Cilacap di buka oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Sabtu ( 02/09/2017 ).
Festival di laksanakan atas kerjasama Merah Putih Production dan Pemerintah Kecamatan Kroya yang berlangsung selama 8 hari dari tanggal 2 sampai dengan tanggal 10 September  2017.
Acara di buka oleh Bupati Cilacap Tato Suwarto Pamuji dengan pengguntingan pita dan di ramaikan dengan hiburan tari tek – tek dari SMPN 5 Kroya, dan tari Tradisional.
Hadir dalam acara tersebut Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji, Forkompimda, Forkompimcam, Kepala DPPKAD Drs. Subiharto, M.si , Camat Kroya Drs. Muhammad Najib, M.si , LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesi ( GMBI ), Jaringan Informasi Publik Cilacap ( JIPC ) dan masyarakat.
Selain di isi dengan Pameran Pembangunan terdiri dari 95 stan, juga di ramaikan dengan lomba tabuh bedug dan kegiatan sosial donor darah.
Camat Kroya Drs. Muhammad Najib, M.si menuturkan bahwa kegiatan ini merupakan Pemberdayaan kepada masyarakat agar masyarakat semakin kreatif dalam mengembangkan potensi mereka.
” Dengan menyiapkan generasi muda agar generasi muda terus bangkit dengan semangat kemerdekaan memiliki multitalenta dengan menampilkan seni, karya dan mengasilkan ketrampilan sehingga kita mempunyai generasi yang punya kompetensi yang unggul dan siap bertarung dengan kemajuan jaman dengan kemajuan tehnologi, pemuda harus punya karakter mewarisi jiwa perjuangan para pahlawan yang telah berjuang merebut Kemerdekaan Republik Indonesia ,” kata Muhammad Najib.
Salah satu rangkaian kegiatan dalam Festival Kemerdekaan RI di Kroya adalah aksi donor darah yang di ikuti oleh puluhan anggota LSM GMBI dan JIPC , dan pengunjung.
Hadir pula Syamsyul Aulia Rahmat sebagai wakil Bupati Cilacap terpilih 2017 – 2022 ikut serta berpartsipasi aksi sosial donor darah di Kroya.
Seperti di ketahui mendonorkan darah tidak hanya bermanfaat untuk mereka yang membutuhkan tetapi pendonorpun turut mendapatkan manfaat besar apabila rutin mendonorkan darah, antara lain sangat bermanfaat untuk menghindari penyakit jantung, membakar kalori, menurunkan resiko kanker, meningkat produsi darah, pikiran lebih stabil, menjadi lansia yang sehat dan menurunkan koleterol.
Dengan tujuan kemanusiaan LSM GMBI dan JIPC turut serta dalam aksi donor darah dalam rangkaian Festival Kemerdekaan RI di Kroya.
Ketua LSM GMBI Tu’kin Sakedy menyampaikan sangat prihatin karena tidak sedikit orang yang sedang sakit yang dalam kondisi gawat membutuhkan darah tetapi sulit mendapatkan donor darah sehingga masyarakat di harapkan lebih peduli dan apresiasif ikut serta  dalam kegiatan kemanusiaan donor darah serta kegiatan sosial lainnya yang ada di masyarakat.
” Dengan partisipasi kami semoga bisa memberikan manfaat serta membantu pihak-pihak yang benar-benar membutuhkan, dari setitik darah yang di donorkan oleh para relawan dapat membantu menyelamatkan hidup orang lain , ” pungkas Tu’ kin.( nani / 050904 ).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here