Penadatangan MOU Kerjasama, LBH-PK Pusat Dengan Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta

0
339

JAKARTA (cilacapnews.com) – Sayyidul qaumi qadhimuhum pemimpin adalah pelayan bagi rakyatnya. Artinya pemimpin bertugas menggelar karpet merah, membuka jalan lurus nan luas bagi generasi penerusnya. Karenanya seorang pemimpin harus mampu menjalankan visi, misi dan program aksi stategis serta taktis. Membangun kerjasama dan kemitraan. Merumus, mengkonsep, mengkonstruksi formula terbentuknya kaukus, aliansi strategis dan taktis bagi kelangsungan kehidupan organisasi atau lembaga di masa-masa mendatang.

Hal ini nampaknya sedang, tengah dan akan terus dilakukan oleh sosok advokat beken asal Purbalingga kelahiran Cilacap H. Sugeng, SH., MSI. Selain mengelola Kantor Advokat berlabel H.SUGENG,SH.,MSI & Rekan, Sugeng merupakan salah satu pendiri, ketua umum dan direktur pada Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Pusat. Sebuah LBH kaliber nasional, berbadan hukum dan terakrediatasi “A” dari Kemenkumham RI selama tiga periode berturut-turut. Punya 10 korwill di tingkat provinsi, 20 cabang di tingkat kabupaten/kota dengan jumlah advokat terbanyak di seluruh Indonesia yakni 140 advokat.

Kabar teranyar ketua umum LBH-PK Pusat H.Sugeng,SH.,MSI bertindak mewakili dan atas nama lembaga meneken MoU atau kerjasama antara Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta dengan Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Pusat. Noktah perjanjian kerjasama kedua institusi atau lembaga tersebut berisi tentang Penyelenggaraan Kampus Merdeka Belajar (PKMB). “Iya mas, Alhamdulillah kami baru saja menandatangani perjanjian kerjasama antara FH UNTAG 45 Jakarta dengan LBH-PK Pusat,” kata Sugeng kepada wartawan cilacapnews.com melalui sambungan telepon pribadinya, Rabu (24/3).

Sebagaimana di kabarkan cilacapnews.com edisi Selasa (23/3), usai bersilaturahmi dengan advokat kondang Dr. Hj. Elza Syarief, SH., MH di kantornya Menteng, Jakarta, Sugeng akan menyambangi FH UNTAG 45 Jakarta. Pria yang menjabat ketua DPP HPN tersebut tiba di Fakultas Hukum Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta pukul 10.00 WIB dan langsung menuju ruang kerja Dekan FH UNTAG 45 Jakarta. Sugeng hadir dengan di dampingi pengurus LBH-PK Korwil DKI Jakarta. Di ruang kerja Dekan FH UNTAG 45 Jakarta sudah menunggu Wagiman, S.Fil., SH., MH selaku Dekan di dampingi Ketua Program Studi SI FH UNTAG 45 Jakarta yang sekaligus Kadiv Litigasi LBH-PK Pusat Dr. Kurniawan Triwibowo, SH., MH., CPL.

Usai prosesi penandatanganan Sugeng menyampaikan bahwa berkaitan dengan pokok materi kerjasama LBH-PK Pusat sudah sering menjadi tempat pelaksanaan penelitian tugas akhir fakultas hukum berbagai perguruan tinggi swasta dan negeri juga institusi lain termasuk magang bagi para mahasiswa dan advokat. “Kerjasama ini menjadi salah satu bukti pengabdian kita pada dunia pendidikan tinggi di Indonesia. LBH-PK sudah punya pengalaman luas tentang hal itu,” imbuh Sugeng.

Menurutnya LBH-PK Pusat representatif bagi pelaksanaan program penyelenggaraan kampus merdeka belajar. Melalui kerjasama ini Sugeng berharap kedepan pengurus, advokat dan staf LBH-PK dari pusat, korwil hingga cabang bisa lebih profesional, meningkat sumber daya manusianya.

Dalam pertemuan bersama Dekan FH UNTAG 45 Jakarta Wagiman, sempat di bahas pendirian LBH-PK Cabang Bandung dan Sumedang. Pertemuan yang berlangsung hingga pukul 12.15 WIB menjadi sejarah baru bagi upaya penguatan kelembagaan internal dan ekternalnya.

Diinformasikan, Sugeng juga mengikuti berbagai zoom meeting bersama jajaran DPP Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI) dan DPP Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN). “Bentuk syukur kita pada AllahSWT diantaranya adalah dengan menjalankan amanat, posisi dan peran kita sebagai apapun dengan sebaik-baiknya,” pungkas pria yang lebih menonjolkan sifat kepemimpinannya dengan lebih banyak “ngemong” semua elemen sekaligus suka rialat tersebut. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here