Penegakkan Hukum Di Indonesia Jauh dari Harapan

0
296

Cilacap, Harian7.com – Sekitar 20 mahasiswa Institut Agama Islam Imam Ghozali (IAIIG) yang tergabung dalam  rangka Imam Ghozali Pecinta Alam (Ighopala), Senin (10/12/2018) melakukan aksi damai dialun-alun Cilacap.

Aksi damai dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional. Mereka datang ke alun-alun dengan membawa spanduk dan poster bertuliskan ‘Stop Kriminalisasi Pejuang Lingkungan’, ‘#Save Aktivis’ dan lain-lain.

Koordinator lapangan aksi damai Chajat Gus Hidayat mengatakan, aksi tersebut selain memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM) Internasional tanggal 10 November juga sebagai bentuk pembelaan terhadap HAM dan lingkungan.

“Kami prihatin melihat beberapa aktivis lingkungan yang dikriminalisasi aparatur hukum, salah satunya teman kami saat menjalankan aksi memperjuangkan lingkungan di Cilacap satu tahun lalu,” katanya.

Selain itu, para mahasiswa ini juga mengkritisi penegakkan hukum di Indonesia yang sangat rentan, dan kedaulatan hukum masih perlu dipertanyakan.

Adanya aktivis lingkungan yang menjadi korban, menurut Chajat berarti kurang tegasnya perlindungan hukum di Indonesia. Mereka dilindungi undang-undang, namun pada kenyataannya masih jauh dari harapan.

“Kami menginginkan penegakkan hukum di Indonesia harus benar-benar ditegakkan kembali berkaitan dengan HAM utamanya perlindungan hukum terhadap aktivis lingkungan,” pungkasnya. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here