Pengalaman Menjadi Petugas KPPS Pilbup 2017.

0
1513

Cilacapnews.com – Hari ini Rabo Manis, 15 Februari 2017   Pemilihan Bupati adalah acara perhelatan di mana saya didaulat menjadi Ketua  KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) tiga,  Dusun Krikil  Desa Karangreja  Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap untuk yang pertama  kalinya.

Pertama kali saya bertugas sebagai KPPS ya kali ini dalam Pemilihan Bupati 2017 dan saya langsung ditunjuk menjadi ketua KPPS di TPS tiga ini ,  saya memang masih newbie alias anak baru, pengalaman saya masih belum seberapa, jika dibandingkan dengan teman teman saya yang sudah menjadi anggota KPPS sejak lama

Ini adalah kerja yang membutuhkan ketelitian. Maklum, dalam satu DPT terdapat ratusan nama dan alamat calon pemilih. Selain harus teliti, yang dipilih atau diusulkan menjadi petugas KPPS biasanya yang dipandang bisa bekerjasama dalam kelompok.

Wilayah di mana saya bertugas ada 381 nama pemilih, jadi  saya harus teliti jangan sampai salah alamat,  jadi sebanyak itu nama dan alamat yang harus “dipelototi” agar tidak saling tertukar.

Kesulitan yang umumnya saya dapati adalah soal nama dan alamat. Misalnya, dalam DPT tertera nama Ny. Wartini , alamat Dusun Krikil RT 03/04. Saya tidak kenal nama ini dan tidak mengenali alamatnya yang tidak terperinci. Belakangan barulah  ketahuan bahwa Ny. Wartini  adalah Ibu Supri yang tinggal di dekat Pemakaman Umum yang tak jauh dari rumah saya. Saya hanya mengenal dia  sebagai Ibu Supri , istri Bapak Supri.

Dalam mendistribusikan formulir C6 sebagai undangan Pemilu secara door-to-door alias dari pintu ke pintu juga memiliki kisah tersendiri. Bagi saya, membagikan formulir tersebut dari rumah ke rumah lebih praktis dengan berjalan kaki ketimbang naik motor, misalnya.

Dengan berkeliling mengantarkan formulir C6 menjadi ajang silaturahmi dengan warga sekitar yang kebanyakan merupakan teman-teman suami saya, sebagian dari mereka tak begitu saya kenal secara personal. mereka juga tak mengenal saya. namun begitu saya menyebutkan bahwa saya adalah Ibu Giri baru mereka mengenal saya

Berhubung formulir C6 yang harus saya distribusikan jumlahnya lumayan banyak, maka saya melakukannya dengan teman teman petugas KPPS yang lain alias bagi bagi tugas.

Pada malam sebelumnya, tim KPPS juga wajib hadir untuk mengecek seluruh persiapan dan kesiapan TPS serta melakukan konsolidasi terakhir agar tugas dapat berjalan lancar. Tepat pukul 7 pagi, tim KPPS memulai rangkaian tugasnya dengan upacara singkat antara lain mengucapkan sumpah sesuai agama yang dianut masing-masing anggota KPPS untuk melaksanakan tugas dengan jujur, netral, dan sebaik-baiknya demi terselenggaranya Pemilu yang jujur, adil, aman, dan tertib.

Sebagai petugas KPPS di garda terdepan, saya dituntut bekerja dengan cepat sekaligus akurat dalam membaca dan mencatat nama serta nomor urut DPT pemilih dalam formulir C6.

Saya juga bangga dan terharu bisa menjadi Ketua KPPS wanita pertama di desa Karangreja.

Inilah sekelumit pengalaman saya menjadi anggota KPPS pemilihan Bupati Cilacap 2017 , Semoga saya kelak bisa bertugas lagi menjadi petugas KPPS Aamiin.

penulis Sri Wahyuningsih  Ketua KPPS TPS 3

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here