Pentas Perdana (Gebyag) Ki Dalang Bagus Winoto dari Desa Karangreja, Maos, Cilacap.

0
725

Cilacapnews.com – Bertempat dikediaman bapak Sutrisno ayahanda dari Ki Dalang Bagus Winoto, RT 03/04 Dusun Krikil Desa Karangreja Kecamatan Maos Kabupaten Cilacap Jawa Tengah Ki Bagus Winoto bersama Pegiat Wayang dan pecinta Wayang  gelar pertunjukan wayang perdananya atau biasa orang menyebut Gebyag Sabtu malam Minggu  (07/11) Pukul 20.00 WIB.

Lakon wayang yang berjudul Wahyu Windu Wulan, ini akan dibawakan semalam suntuk dalang muda Bagus Winoto, salah seorang dalang muda serta aset desa Karagreja kecamatan Maos.

“Pementasan ini adalah hasil proses belajar dari beberapa Dalang dan ahli perwayangan serta pegiat wayang sejak setahun  yang lalu,” Kata Giri Santosa, selaku Ketua Panitia pentas perdana dalang Bagus Winoto serta ketua Paguyuban Karawitan Sekar Budaya Karangreja ini “

Masih menurut Giri, sebelum pentas di ruamahnya sendiri, Dalang Ki Bagus Wioto sempat melakukan uji coba pementasan ketika Hari Ulang Tahun Republik Indonesia serta peresmian Pasar Pahing Maos dan mengikuti lomba Dalang tingkat Kabupaten Cilacap di Pendopo Kabupaten Cilacap.

Panitia sempat panik dikarenakan hujan dari pagi sampai siang hari tiada henti walhasil panggung wayangpun dikepung banjir sekitar 30 centimeter, dengan adanya itupun sempat mengganggu kegiatan mengangkut gamelan karena mobilnya tidak bisa masuk ke lokasi pagelaran Wayang.

Namun Alhamdulillah setelah siang hari air mulai surut dan hujan berhenti sehingga persiapan pentas perdana Ki Bagus Winoto bisa terlaksana dengan baik hingga selesai atau pungkas di pagi harinya

“Alhamdulillah sambutan warga sangat baik, satu hal yang berbeda dari pertunjukan wayang ini, kegiatan pementasan wayang ini penabuh gamelanya mayoritas oleh siswa Sekolah SMP PGRI 9 Maos, jadi tak sekedar Gebyag yang ditonjolkan namun membuka mata hati kita ternyata masih banyak pecinta kesenian daerah yang bersekolah di SMP PGRI Maos ini.

Diharapkan kedepannya antara Pemerintah, Warga. Dalang dan Penabuh gamelan alias Penayagan  serta pegiat kesenian Daerah akan bahu membahu  bersinergi demi untuk nguri uri kesenian daerah agar tidak punah tergeser oleh kemajuan jaman (gisa 050904).

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here