Penyerahan Aspirasi Hibah Oleh Aris Widiarso,SH Anggota DPRD Kabupaten Purbalingga

0
70

PURBALINGGA, cilacapnews.com – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) asal Daerah Pemilihan Kecamatan Purbalingga Kota, Kemangkon dan Bukateja, Aris Widiarso,SH berbaur bersama warga melakukan bersih kuburan, Minggu (27/3).

Legislator yang terpilih dua periode berturut-turut tanpa jeda itu mengatakan bersih (resik) kuburan dilakukan bersama warga di pemakaman umum desa tempat tinggalnya di Desa Jetis. Kegiatan juga dimaksudkan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci ramadan 1443 Hijriyah.

“Alhamdulillah hari ini bersama warga kita semua bisa melakukan resik kuburan dalam rangka menyambut ramadan,” katanya.

Ia juga mengatakan resik (bersih-bersih) kuburan (pemakaman umum) merupakan budaya yang sudah mengakar dan menjadi kearifan lokal dimasyarakat desa yang harus terus dilestarikan keberadaanya.

“Istilahnya itu sadran gede (sadran besar,red) di bulan Sya’ban sebelum ramadan,” imbuhnya.

Dalam kegiatan sadran gede itu masih kata Aris, biasanya semua warga desa berbondong-bondong menuju pemakaman umum untuk membersihkan kuburan sehingga menjadi bersih dan asri (tidak kelihatan angker).

“Pelaksananya (sadran gede) itu beda-beda ya satu desa dengan lainya. Bergantung musyawarah antara pemerintah desa dengan para tokohnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut disaksikan seluruh warga, Aris berkesempatan menyerahkan secara simbolis aspirasi hibah untuk Paguyuban Kematian Rekso Layon Kadus 1 Desa Jetis Kecamatan Kemangkon. (tro).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here