Penyuluhan Hukum Kanwil Kemenkumham Jateng dengan LBH-PK Pusat di Lapas Kelas IIA Purwokerto

0
139

PURWOKERTO (cilacapnews.com) – Negara Kesatuan Republik Indonesia mengalami banyak fase dalam kesejarahannya. Ada fase kerajaan, fase merebut dan berjuang untuk mencapai kemerdekaan dan ada fase kemerdekaan itu sendiri. Saat merdeka di kenal istilah orde lama, orde baru dan orde reformasi hingga saat ini.

Disaat Indonesia merdeka, semua orang, komponen bangsa berjuang mengisi, mempertahankan kemerdekaan menggapai kesejahteraan sandang, pangan, papan maka interaksi pada semua lini kehidupan perlu kehadiran dari negara. Maka lahirlah Undang-Undang Bantuan Hukum gratis untuk orang miskin, kelompok orang miskin dan tak mampu. Hal ini di sampaikan oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Hak Asasi Manusia Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah pada acara penyuluhan hukum di Lapas Kelas IIA Purwokerto, Rabu (17/3).

“Negara hadir melindungi rakyatnya yang tak mampu, miskin, kelompok orang miskin saat berhadapan dengan perkara hukum,” kata Bambang Setyabudi, SH., MH dalam paparan bertema UU No.16/2011 tersebut.

Penyuluhan hukum bertema PP RI No. 99/2012 tentang syarat dan tata cara pelaksanaan hak warga binaan dan UU No. 35/2009 tentang narkotika terlaksana berkat kerjasama antara Kanwil Kemenkumham Jateng dengan Lembaga Bantuan Hukum Perisai Kebenaran Pusat Purwokerto, Pengabdian Masyarakat (ABDIMAS) Elza Syarief Law Office dan FH UNTAG 45 Jakarta.

Turut hadir dalam acara tersebut Penyuluh Hukum Ahli Muda Kanwil Kemenkumham Jateng Rina Desi Ariyanti, SH., MH, Kepala Lapas Kelas IIA Purwokerto Sugito, Amd.IP., S.Sos dan Kepala BAPAS Purwokerto. Hadir juga Sekretaris Jenderal LBH-PK Pusat Diah Ariwati, SH, Kadiv Humas sekaligus Plt.Ketua LBH-PK Cabang Purwokerto Hangsi Priyanto, SH., MH, pengurus LBH-PK Cabang Banyumas Faiq El-Himma, SH, Kabag Posbakum LBH-PK Cabang Cilacap Iskandar Dzulkarnain, SH, Kadiv IT LBH-PK Pusat Dwiyan Adistira, S.Kom.

Rangkaian acara dimulai dengan pembukaan dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di pandu staf LBH-PK Pusat Durrotul Isnaeni Haqi, S.Hi. Ketua panitia pelaksana penyuluhan hukum Tahun Anggaran 2021 dalam sambutannya mengatakan ucapan terima kasih atas kerjasama dan fasilitasi dari Kalapas beserta jajarannya.

“Terimakasih tak terhingga kepada Kalapas. Salam dari ketua umum H. Sugeng, SH., MSI untuk semua yang ada di sini,” kata Hartomo, SH., MH.

Sementara itu Ka. Lapas Sugito menyampaikan ucapan terimakasih dan selamat datang kepada tim penyuluh hukum LBH-PK Pusat. “Kedepan semua akan kita perbaiki dan tingkatkan kerjasamanya,” ucapnya.

Penyuluh Hukum Ahli Muda Kanwil Kemenkumham Jateng mengatakan selama ini pihaknya dalam pengawasan tidak menemukan hal-hal aneh dari proses pendampingan, pelayanan hukum gratis yang dilakukan LBH-PK. “LBH-PK akdeditasi A selama tiga periode berturut-turut dan advokat LBH-PK semua baik-baik saja,” ungkap Desi.

LBH-PK Pusat mendapuk Kadiv Litigasi Dr. Kurniawan Triwibowo, SH., MH., CPL untuk mengupas materi UU 35/2009 tentang narkotika dan upaya hukum. Hadir secara virtual pengacara kondang Dr. Hj. Elza Syarief, SH., MH dengan kupasan materi PP 99/2012. “Kalian warga binaan baik-baik di situ ya. Patuhi aturan, hormati petugas sehingga kedepan bisa lebih berguna kehidupannya,” pintanya.

Pengacara kondang tersebut juga mengucapkan terimakasih kepada LBH-PK sehingga ia bisa andil dalam penyuluhan hukum tersebut. Pada kesempatan tersebut ABDIMAS Elza Syarief memberikan cinderamata buku kepada Kadiv YANKUM dan HAM Bambang Setyabudi, SH., MH dan Ka.Lapas Purwokerto Sugito, Amd.IP., S.Sos.

Serah terima buku di lakukan oleh Wagiman, S.Fil., SH., MH Dekan FH UNTAG 45 Jakarta mewakili Elza Syarief Law Office. Rangkaian acara di tutup dengan doa bersama di lanjutkan foto bersama dan jamuan makan siang bersama Ka.Lapas Purwokerto dan Kadiv YANKUM dan HAM Kanwil Kemenkumham Jateng. (cn/tro/05).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here