Peringati HJK Ke 73, Kodim 0703/Cilacap  Melaksanakan Kegiatan Karya Bakti Penghijauan

0
595

Cilacapnews.com – Memperingati Hari Juang Kartika tahun 2018, Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan Dinas Pangan dan Perkebunan Kabupaten Cilacap Jum’at (07/12/2018) melaksanakan kegiatan karya bhakti penghijauan di area Cemara Sewu, Desa Bunton, Kecamatan Adipala.

Kegiatan dengan penanaman 1000 pohon berbagai jenis dihadiri Danrem 071/Wijayakusuma dalam hal ini diwakili oleh Pasi Wanwil Korem Mayor Inf Amir Ma’ruf, Bupati Cilacap yang diwakili Setda Drs. Farid Ma’ruf, MM, Lanal, Polres, para Kepala Dinas Instansi wilayah Kecamatan Adipala serta diikuti oleh seluruh anggota TNI jajaran Kodim 0703/Cilacap dan Lanal Cilacap, anggota Polres Cilacap, Satpol PP, FKPPI, Masyarakat, Pelajar serta Pramuka.

Dalam sambutannya Dandim 0703/Cilacap melalui Kasdim Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian mengatakan, Kegiatan karya bakti penghijauan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Juang Kartika yang ke 73 tahun 2018.

“Dalam kegiatan penghijauan ini, Kodim 0703/Cilacap menanam kurang lebih 1000 pohon dari berbagai jenis, namun di area ini kita menanam pohon kelapa dan pohon nyamplung,” katanya.

Sedangkan untuk pohon cengkeh, pala dan pete, imbuhnya tersebar di beberapa wilayah sesuai tipelogi tanaman yaitu di Kecamatan Jeruklegi, Lesugihan dan Maos. 

“Kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Juang Kartika, Kodim 0703/Cilacap telah melaksanakan kegiatan bakti sosial donor darah dan pengobatan gratis yang terpusat di Kecamatan Cilacap Utara dan Kecamatan Sidareja beberap waktu yang lalu,” ungkap Kasdim.

Lebih lanjut dijelaskan Kasdim, masih ada beberapa kegiatan lainnya yang akan dilaksanakan Kodim 0703/Cilacap yaitu kegiatan anjangsana dan karya bakti bedah rumah bagi beberapa warga di wilayah Cilacap Utara.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas partisipasinya dalam karya bakti penghijauan. Penghijauan merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan,” tandanya.

Dengan kegiatan ini, menurutnya juga dapat memperindah lokasi wisata Cemara Sewu sekaligus dapat menarik para wisatawan untuk berkunjung ke Area Cemara Sewu.

Sementara itu, Bupati melalui Sekda Cilacap, Farid Ma’ruf mengatakan, penghijauan ini merupakan wujud kepedulian keluarga besar Kodim 0703/Cilacap terhadap kelestarian dan keindahan lingkungan di area wisata.

“Saya secara pribadi dan pemerintah mengucapkan terima kasih dan apresiasi terhadap Kodim 0703/Cilacap yang dalam memperingati Hari Juang Kartika telah melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat bagi semua,” katanya.

Dia berharap kegiatan seperti ini terus berlanjut dan berkesinambungan, karena benar-benar dapat dirasakan manfaatnya untuk menjaga kelestarian lingkungan khususnya di area Cemara Sewu. (Ruswanto)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here