Polres Cilacap Apel Gelar Pasukan, Antisipasi Adanya Takbir Keliling Idul Adha 1442 H

0
44

Cilacap, cilacapnews.com – Kapolres Cilacap AKBP Dr. LEGANEK MAWARDI, pimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Antisipasi Takbir Keliling Idul Adha 1442 H Tahun 2021 di Wilayah Kabupaten Cilacap bertempat di Lapangan Krida Nusantara Kecamatan Cilacap Utara Kabupaten Cilacap.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjukkan kesiapan Pemerintah Daerah,TNI, Polri dan seluruh komponen lainnya untuk mendukung kebijakan Pemerintah tentang larangan untuk melaksanakan Takbir Keliling pada Malam Perayaan Idul Adha 1442 H Tahun 2021, dalam upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, Senin (19/7/2021).

Kapolres Cilacap telah menyiapkan 315 anggota Polres dan Jajarannya untuk mengantisipasi adanya takbir keliling di wilayah hukumnya.

“Apel Gelar Pasukan ini diselenggarakan dikandung maksudkan untuk menunjukkan kesiapan Pemerintah Daerah,TNI, Polri dan seluruh komponen lainnya untuk mendukung kebijakan Pemerintah tentang Larangan untuk melaksanakan Takbir Keliling pada Malam Perayaan Idul Adha 1442 H Tahun 2021” jelas Kapolres Cilacap.

Dalam upaya untuk menekan penyebaran Covid-19, yang merupakan tanggung jawab kita semua, seperti kita lihat bersama saat ini sedang diberlakukan kebijakan Pemerintah Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat terhitung mulai tanggal 3 S/D 20 Juli 2021 , dalam upaya untuk menanggulangi perkembangan dan makin bertambahnya korban Covid -19.

Dengan situasi Pandemi Covid 19 yang terjadi saat ini sangat mengganggu aktivitas kehidupan masyarakat termasuk dalam kita menajalankan ibadah yang bersifat mengumpulkan jamaah untuk sementara dibatasi, masyarakat dihimbau untuk melaksanakan ibadah di rumah masing-masing dengan tidak mengurangi niat dan aturan melaksanakan ibadah sesuai tuntunan Nya, semua dilakukan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran Covid 19.

Langkah-langkah kongkrit antisipasi dari seluruh stakeholder, dengan mendukung Instruksi Pemerintah melalui Satgas Covid-19 yaitu pada saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Covid 19, umat muslim dilarang untuk melaksanakan takbir keliling pada Malam Idul Adha 1442 H Tahun 2021.

“Kita semua merasa prihatin atas pembatasan umat islam dalam melaksanakan ibadah Hari Raya Idul Adha yang merupakan agenda ibadah yang diperingati setiap tahunnya, namun kita harus sadari semua bahwa keselamatan orang banyak lebih diutamakan, sehingga kita semua wajib ikut melakukan upaya Antisipasi untuk menekan penyebaran Covid 19 yang saat ini masih menunjukan peningkatan yang signifikan” tambahnya.

Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah ikut serta dalam penyiapan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Antisipasi Takbir Keliling semoga semua yang kita lakukan ini mempunyai nilai ibadah dimata Tuhan Yang Maha Kuasa, ucapnya.

Kapolres Cilacap tekankan agar seluruh anggota dapat melaksanakan tugas dengan dilandasi keikhlasan sebagai niat sebagai ibadah melaksanakan tugas kemanusiaan dan selalu berdoa diberi kesehatan keselamatan dan semoga pandemi Covid-19 cepat selesai, sehingga kita semua dapat melaksanakan ibadah seperti pada umumnya.

Bertugaslah secara humanis, arif dan bijaksana dalam menertibkan masyarakat yang melakukan pelanggaran Prokes, tidak arogan sehingga masyarakat benar-benar merasakan aman , terlindungi dan terayomi serta sadar untuk mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19.

Selalu aktif mendukung kebijakan pemerintah dalam menangani pandemi covid 19, secara sinergitas antar aparat dan Satgas Covid 19 lainnya dalam melaksanakan penegakan Prokes Covid-19. Lakukan larangan Takbir Keliling dan himbauan untuk sementara tidak Sholat Idul Adha secara berjamaah / bersama-sama yang berpotensi penyebaran Covid19. Lakukan penegakan hukum secara humanis tegas terhadap masyarakat yang melanggar aturan sesuai aturan pelanggaran pemberlakukan prokes Covid-19.

“Menjelang malam lebaran Idul Adha , Polres Cilacap dan TNI melaksanakan sinergitas untuk mengantisipasi adanya kegiatan takbir keliling dengan melaksanakan gelar pasukan kesiapsiagaan personil TNI – Polri dan unsur lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here