Produk Lokal Sandal Kenthir, Pemerintah Diharapkan Dukung Ekonomi Kreatif.

0
758
Cilacapnews.com – Maulana Yusuf adalah Entrepreneur, melakukan aktifitas wirausaha membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta aset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan  dan bisa menambah nilai ekonomis.
Wirausaha Maulana Yusuf bergerak dalam bidang Produk Lokal Pembuatan Sandal berlabel ” KENTHIR ” dan ” JEGGER “
Tiga bulan Maulana Yusuf ( 37 ) menggeluti pembuatan produk lokal sandal KENTHIR dan JEGGER dan ini baru pertama kali pengolahan ekonomi kreatif lokal pembuatan sandal di Kabupaten Cilacap.
Pengolahan Sandal KENTIR dan JEGGER bertempat di Ponpes Rubat Mbalong Ell Firdaus Desa Tambaksari Kecamatan Kedungreja Kabupaten Cilacap.
Motorik pengolahan produk lokal Maulana Yusuf mengatakan pada media, Rabu ( 20/9/17 ), pembuatan sandal ini di laksanakan di Pondok Pesantren bukan murni bisnis tapi mengandung maksud dan tujuan agar para santri punya kreatifitas dan keahlian sehingga setelah keluar dari Pesantren sudah punya bekal untuk mandiri.
” Setiap hari kami bisa memproduksi 200 psc sandal dan bisa lebih banyak lagi apabila ada permintaan pasar yang tinggi kami akan mengerjakan karena santri terdiri dari 200 orang yg di beri kesempatan dalam pengolahannya, Harga dari eceran 25ribu sampai 250ribu kita ada tergantung dari kualitas dan material yg di gunakan, kita bisa menyediakan semua dan bisa bersaing dgn daerah lain ,” Ungkap Maulana.
” Untuk pemasaran sendiri masih dalam jaringan pesantren dan di pasar kan juga oleh para alumni pesantren, terjauh sampai Riau, Palembang dan Kalimantan, kami memasarkan lewat komunitas dulu untuk daerah lokal wilayah Cilacap kita tembak dengan sandal yang murah dan sudah masuk pasar tradisional, Stand Up bisnis ini di mulai dari lingkungan karena ini murni 100% mandiri tanpa bantuan dari pemerintah , ” katanya.
Maulana Yusuf meminta Pemda Kabupaten Cilacap mendukung ekonomi kreatif lokal dengan mengedepankan produk lokal yang nantinya bisa di pasarkan ke pasar lokal nasional bahkan luar negeri tapi sampai saat ini belum ada bantuan dari Pemerintah untuk mensupport dalam pendanaan dan marketingnya .
” Kami mengharap pada Pemkab Cilacap jangan diam saja, tanpa di mintapun seharusnya pemerintah turun tangan mensuppot kami karena kita sudah meng up load melalui media sosial dan media elektronik seharusnya pemerintah jeli, karena lokasi pengolahan sandal kita jauh dari pusat kota Cilacap, harapan kami pemerintah bisa bersama – sama dengan kami mengembangkan produk lokal dengan harapan produk lokal kita bisa mampu mengangkat suatu daerah dengan suatu kegiatan sehingga bisa meningkatkan dari segi ekonomisnya dan bisa berkembang tidak hanya merekrut tenaga kerja para santri Ponpes saja tetap bisa meluas hingga bisa merekrut pekerja lebih banyak lagi hingga bisa untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Cilacap , ” tandas nya. ( nani )

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here